Huan Fuk Ritual Tutup Tahun

0
197

 

 

 

RADAR PALEMBANG Kelenteng Gie Hap Bio Palembang pada tanggal 13 Januari atau 8 bulan 12 penanggalan lunar akan menggelar ritual Huan Fuk.

Basuki Ketua Kelenteng Gie Hap Bio didampingi Chandra Husin Sekretaris mengatakan, kalau ritual Huan Fuk merupakan ritual tutup tahun yang digelar untuk mengucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan para dewa atas limpahan rezeki yang telah diberikan.

“Kita biasanya setiap akhir tahun dan awal tahun selalu melakukan ritual. Akhirnya ritual ucapan terimakasih atas limpahan rezeki dan awal tahun mohon doa agar diberi limpahan rezeki yang banyak,”ucapnya.

Chandra mengatakan, dalam ritual Huan Fuk biasanya disajikan aneka sajian makanan sebagai ucapan terimakasih. “Kita biasanya pengurus lebih dahulu melakukan ritual sembahyang dan biasanya umat secara bertahap melakukan ritual,”terangnya.

Chandra menjelaskan, kalau kelenteng Gie Hap Bio merupakan salah satu kelenteng tertua di Palembang setelah kelenteng Chandra Nadi 10 Ulu dan kelenteng di pulau Kemaro. “Karena salah satu kelenteng tertua, tak heran saat ritual HUT dewa kelenteng ini selalu ramai dikunjungi,”ucapnya.

Chandra menambahkan, kalau kelenteng Gie Hap Bio ini dibangun pada tahun 1883 kemudian direnovasi pada tahun 1959 dan terakhir direnovasi pada tahun 2018 ini. (sep)

LEAVE A REPLY