HIPMI Sumsel Songsong Asian Games

0
10689

 

 

 

 

 

RADAR PALEMBANG – Berperan aktif dalam mendorong kiprah pengusaha lokal dan UMKM di Sumsel utamanya menyongsong perhelatan even olahraga Asian Games Agustus mendatang. Itulah yang menjadi agenda utama dalam penyelenggaraan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Diklatda) BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumsel di Hotel Princess.

“Selain sebagai bagian dari silaturahmi antara pengurus BPD Hipmi Sumsel dengan BPC Hipmi kabupaten/ kota. Ajang ini sekaligus menyamakan visi dan misi kita dalam menyongsong Asian Games mendatang,” imbuh ketua pelaksana Rakerda I dan Diklatda BPD Hipmi Sumsel, Alvin Kenedi. 

Sementara itu, Ketua BPD Hipmi Sumsel, H Akbar Alfaro menyebut ditahun kedua masa kepengurusan BPD Hipmi Sumsel periode 2017-2019 sudah sangat banyak berkontribusi bagi masyarakat. Diantaranya melalui penyaluran kredit mikro bagi UMKM di Sumsel yang bekerjasama dengan Bank.

Selain itu saat ini juga BPD Hipmi Sumsel telah menelurkan tak kurang dari 300 pengusaha pemula dari kalangan mahasiswa PTN dan PTS di Sumsel yang menjalankan bisnis star up dan bisnis kekinian yang dipastikan bakal terus bertambah.

“Kami ada badan otonom yang khusus menyasar kalangan mahasiswa untuk dibina menjadi pebisnis star up pemula sekaligus diharapkan mampu berkontribusi untuk kemajuan perekonomian Sumsel ke depan,” imbuh Gery sapaan karib Akbar Alfaro.

Di kegiatan ini diisi pula penyampaian makalah dan dialog diantaranya dari Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara an Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dengan tema yang bertalian erat dengan menjaga kondusivitas perekonomian di Sumsel dalam menyambut Asian Games 2018.

Demam Asian Games 2018 yang tengah digandrungi masyarakat Sumatera Selatan semestinya dimanfaatkan pengusaha muda sebagai ajang pengembangan usaha. Momentum ini juga tepat digunakan untuk mencetak bibit-bibit entrepreneur.

Warga Sumsel patut berbangga dengan terpilih menjadi tuan rumah kedua setelah Jakarta dalam perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia tahun ini. Ribuan tamu luar negeri akan datang dan bermalam hampir dua pekan.

“Harus dimanfaatkan pengusaha muda mengembangkan usahanya, jangan sampai jadi penonton. Belum tentu kita kembali jadi tuan rumah Asian Games,” ungkapnya.

Menurut dia, banyak sektor usaha yang cocok dikembangkan adalah penginapan dan usaha mikro kecil dan menengah. Contoh kecil adalah memaksimalkan usaha kuliner dan pakaian khas Palembang. “Kita lihat kebutuhan pasar, apa yang disukai tamu luar negeri yang tidak membuat mereka bosan,” ujarnya.

Dia menambahkan, HIPMI Sumsel berkomitmen terus mencetak entrepreneur muda untuk membangkitkan perekonomian. Apalagi, jumlah pengusaha muda di Indonesia terbilang sedikit dibandingkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Menurut dia, sasaran utama pembentukan pengusaha muda berasal dari kalangan mahasiswa. Mahasiswa diyakini memiliki daya saing tinggi dan hidup di era milenial. “Ada ratusan mahasiswa yang sudah kita didik menjadi entrepreneur dan berhasil,” pungkasnya(sep)

 

LEAVE A REPLY