Harnojoyo Contoh Pemimpin Utamakan Kebersihan  

0
1063

 

 

RADAR PALEMBANG – Ada pemandangan berbeda tidak biasa di sekitar tepian Sungai Musi, Minggu (30/8), terlihat Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Palembang, Harnojoyo terjun langsung untuk membersihkan tepian Sungai Musi dari sampah dan eceng gondok. Sontak masyarakat yang berada di Pelataran BKB dibuat kaget dan terpesona dengan aksi orang nomor satu di Kota Palembang tersebut.

Bersama dengan para relawan Ayo Kerja, Harnojoyo, tanpa risih dan takut kotor untuk  membersihkan setiap sampah. Dimulai dari menyusuri area BKB, dan turun langsung ke tepian Sungai Musi yang penuh dengan lumpur. Menariknya Harnojoyo langsung pertama kali turun dan mengomandoi para relawan untuk terjun ke lumpur dan memunguti sampah dengan cangkul dan alat kebersihan lain.

Bahkan, ketika ada tim relawan yang menawarkan kepada Harnojoyo untuk memakai sarung tangan agar tidak kotor, Harnojoyo langsung menolaknya. “Biar saja, kalau bersih-bersih jangan tanggung-tangung, sudah biasa saya mengerjakan hal ini, kalau kotor bisa dicuci nanti,” kata Harnojoyo.

Melihat aksi Plt walikota ini para relawan Ayo Kerja pun bertambah semangat membersihkan tepian Sungai Musi dari sampah dan eceng gondok. “Ayo semangat kita kerja, kita jadikan tepian sungai musi bersih dan indah, apalagi Pak Walikota turun langsung, ini sesuatu yang luar biasa, kita harus lebih semangat dari beliau, jangan takut kotor,” ujar para Relawan “Ayo Kerja”.

Terbukti aksi Plt Walikota ini memberikan dampak positif. Selain menjadikan tepian sungai musi bersih dan indah, aksinya ini juga menjadi contoh untuk masyarakat lainnya. Banyak dari masyarakat yang menyaksikan kegiatan bersih-bersih Harnojoyo dan para relawan ini ikut serta turun langsung membaur bersama.

“Aksi yang luar biasa, baru kali ini saya melihat seorang walikota, tanpa sedikitpun rasa risih dan malu, rela berkotor-kotor penuh lumpur dan keringat demi menciptakan budaya hidup bersih. salut untuk pak Harnojoyo dan para relawan ayo kerja, benar-benar jadi inspitasi Masyarakat Kota Palembang,” ujar Rendi (35), salah satu warga yang menyaksikan aksi tersebut.

Ketika ditanya tentang aksi tersebut, Harnojoyo mengatakan, aksinya bersama dengan relawan Ayo Kerja merupakan langkah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

“Kegiatan ini kami lakukan, selain untuk menciptakan suasana bersih dan indah juga sebagai upaya penyadaran masyarakat akan pentingnya budaya hidup bersih. Hal seperti ini sudah sering saya lakukan, jadi jangan heran. Demi kebersihan kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memulai budaya hidup bersih. Terbukti hari ini mulai dari pejabat, relawan dan masyarakat membaur bersama untuk membersihkan tepian sungai musi daro sampah. Apreasi juga kepada relawan Ayo Kerja yang telah bergerak bersama melaksanakan kegiatan positif ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bermamfaat. Jika Palembang bersih fan indah kita juga yang menikmati,” terang Harnojoyo.

Kegiatan ini tidak berhenti sampai di situ. Plt walikota dan para relawan Ayo Kerja bersama masyarakat akan terus menjalankan aksi kebersihan ini setiap hari minggu pagi dengan target beberapa titik lokasi di Kota Palembang seperti Kambang Iwak. Taman simpang Polda, dan lokasi lainnya.

Aksi yang dilakukan mulai dari pukul 7 sampai dengan 9:30 ini, menghasilkan tempat yang bersih di sekitaran tepian Sungai Musi. Sampah dan eceng gondok serta lumpur yang tadinya sangat mengganggu pemandangan, berubah bersih dan indah. (adv/zar)

 

LEAVE A REPLY