Hari ini, Underpass Dibuka 10 Jam

0
1683

 

 

RADAR PALEMBANG – Jalan terowongan bawah tanah atau underpass dapat dilalui utuk uji coba hari ini, Senin (23/2). Uji coba sendiri hanya dilakukan satu hari selama 10 jam, yakni pukul 10.00 hingga 20.00 dengan pengawasan pihak terkait. Dengan diuji cobanya underpass ini, artinya kendaraan yang dari dan ke Jl R Sukamto dan Jl Residen Abdul Rozak dapat mulai menggunakan terowongan tersebut.

Kasatker Pelaksanaan Jalan Metropolis Palembang Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) III Kementerian Pekerjaan Umum Aidil Fitri mengatakan, semua jenis kendaraan dapat melalui terowongan tersebut hanya dalam 10 jam saja.
”Berdasarkan rapat kami hari Jumat lalu, kami putuskan untuk melakukan ujicoba underpass hari Senin besok dan hanya dilaksanakan sehari. Karena memang usia beton sudah memadai dari perigidan terakhir tanggal 17 Januari lalu,” kata dia, Minggu (22/2).

Aidil menyebutkan, bagi masyarakat yang sebelumnya memang cukup penasaran dengan kondisi terowongan bawah tanah tersebut, dapat melaluinya ketika waktu dibuka. Nantinya, pengoperasian secara permanen akan dilakukan berselang tidak lama dari uji coba, berdasarkan hasil evaluasi.” Terowongan ini nantinya akan dilalui kendaraan yang melaju dari dan menuju Jl R Sukamto serta arah lawannya, yakni Jl Residen Abdul Rozak,”sambungnya.

Dalam uji coba ini, sistem traffic light masih akan sama seperti biasanya, yakni dengan empat fase. Namun, ke depan rencananya akan dibuat layaknya di simpang Polda dengan tiga fase.

”Untuk traffic light sementara sama dengan sistem di fly over simpang Polda. Bedanya kalau fly over lewat atas, sedangkan underpass ini kendaraan yang sejalur lewat di bawah terowongan,” terangnya.

Pantauan dilapangan, underpass terlihat memang sudah selesai 100 persen, termasuk pengecatan bagian dinding luar yang berwarna merah marun dengan list kuning emas.

Di dinding luar pun terlihat ornamen berbentuk bunga kecil berwarna kuning emas di setiap dinding yang ditempel. Sedangkan, bagian dalam terowongan, dinding juga sudah selesai dicat dengan hiasan berupa ornamen songket berwarna campuran merah marun dan kuning emas sebesar 2×2 meter dengan jarak empat meter tiap ornamen.(tma)

LEAVE A REPLY