Hari ini Uji Coba Jembatan Musi IV

0
355

 

/// Dishub Terjunkan 70 Personil

 

RADAR PALEMBANG – Hari ini (3/1) Pemerintah Kota Palembang akan mulai menerapkan uji coba jembatan musi IV. untuk mengantisipasi kemacetan dan keamanan Dinas Perhubungan Kota Palembang menerjunkan sebanyak 70 personil yang dilibatkan untuk mengatur jalan selama ujicoba ini.

 

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Palembang, Marta Edison mengatakan ujicoba akan dimulai pada pukul 07.00 wib pagi. ” hari ini jembatan yang menghubungkan ulu tepatnya di jalan slamet riyadi dan ilir tepatnya jalan KH Azhari Plaju ini akan dibuka  untuk umum hingga 24 jam,” ujarnya kemarin.

 

Dia mengatakan untuk mengamankan uji coba ini juga akan diterjunkan sebanyak 20 anggota kasatlantas dan 20 orang anggota Pol PP Kota Palembang. “ujicoba ini sendiri akan dilakukan selama dua hari, 3 hingga 4 Januari 2019. dan puluhan personil ini akan disebar ditujuh titik yakni di Ulu di Naga Swidak, Pasar Pocong dekat kuburan, Tangga Takat dan Pintu turun jembatan,” jelasnya.

 

Lanjutnya, ketujuh titik ini diperkirakan akan terjadi penumpukan karena itu harus disiagakan petugas untuk mengatur yang dibantu oleh Pol PP dan kepolisian. “Untuk ilir kami menempatkan petugas di Boom Baru, Pintu Masuk jalan slamet riyadi dan Pasar Kuto,” terangnya.

 

Marta menjelaskan rencana pengaturan arus lalu lintas dilakukan dua arah saat pengoperasian Jembatan Musi IV. “Dari arah Jalan Slamet Riyadi menuju Jembatan Musi IV turun ke Jalan KH Azhari hingga ke Jalan A Yani. Lalu dari Jalan A Yani jika ingin melalui Jembatan Musi IV menuju Jalan Telaga Swidak dan belok kiri ke Jalan KH Azhari naik ketas menuju Jembatan Musi IV,” katanya.

 

Rekayasa yang akan dilakukan yaitu untuk Jalan KH Azhari mulai dari Simpang Telaga Swidak hingga Simpang tiga Plaju akan dibuat satu arah. Kemudian, Jalan Telaga Swidak menuju Jalan KH Azhari juga dibuat satu arah. Sehingga kondisi jalan seperti melingkar mulai dari Jalan KH Azhari ke Jalan A Yani dan menuju Jalan Telaga Swidak. Hal ini diberlakukan agar tidak terjadi penumpukan, mengingat jalan tersebut kecil hanya 5.5 meter.”Beberapa rambu lalu lintas dan petunjuk arah juga telah dipasang,” tegasnya.

 

Marta mengatakan ujicobaa musi IV ini menggunakan skenario pertama. Dimana ini dibuka dengan dua jalur.”Untuk ujicoba hari ini kita gunakan skenario pertama yakni jalur kanan kiri dibuka. Nah setelah itu kita akan evaluasi hasilnya,” katanya.

 

Jika skenario pertama ini krodit, maka dilakukan skenario kedua yakni dengan memberlakukan sistem satu arah secara bergantian.”Rencana juga ada yang gabungan yakni mengabungkan skenario satu dan skenario dua,” katanya.

 

Lanjut Marta, jadi pagi pukul 06.00 sampai pukul 09.00 pakai skenario 2 yakni satu arah. Lalu skenario I yakni dua arah pagi ke siang pukul 09.00 sampai 15.00 wib. Lanjut pukul 15.00 wib sampai 19.00 wib skenario 2 satu arah dan dua arah malam hari pukul 19.00 wib sampai 06.00 wib. (spt)

 

 

LEAVE A REPLY