Hari Biasa Ribuan Wisatawan Datang

0
332

 

 

 

 

 

 

 

RADAR PALEMBANG – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lubuklinggau, H Luthfi Ishak memperkirakan angka pengunjung yang datang di hari libur panjang natal dan cuti bersama lalu, mencapai ribuan orang. Sebagian besar pengunjung yang datang merupakan keluarga bersama dengan sanak saudara, dan adapula pasangan muda mudi. “Hari libur pasti ramai. Perhari kalau weekend sampai ribuan, apalagi hari libur panjang,” jelasnya.

Luthfi mengungkapkan, pihaknya dalam hal pengawasan di lokasi wisata Air Terjun Temam telah menempatkan delapan petugas harian lepas. Mereka bertugas memberikan pelayanan kepada pengunjung sekaligus pengawasan di lapangan. “Yang jelas, dalam hal pengawasan terhadap kenyamanan pengunjung, petugas pengawas kami ada di lapangan delapan orang,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada pengunjung Air Terjun Temam agar tidak mendekati air terjun. Apalagi turun sampai ke pinggir-pinggir sungai. Sebab, kondisi di lokasi itu dikhawatirkan licin. Itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, dikatakan Sinta, salah seorang pengunjung Air Terjun Temam, dirinya sengaja datang bersama dengan teman-teman ke lokasi itu. Itu dilakukan untuk memanfaatkan atau menghabiskan waktu libur. “Sama teman kak, jalan-jalan ke sini. Lihar air terjun,” ucapnya.

Senada dikatakan Andi, warga Lahat, yang sengaja datang ke Lubuklinggau untuk melakukan refresing ke tempat wisata. Kali ini, Andi bersama keluarga besarnya, selain ke tempat saudara yang ada di Linggau, Andi mengaku, tujuan lainnya untuk berwisata ke Lubuklinggau.

“Yah, kami sekeluarga datang ke Linggau dari Lahat. Selain berkunjung ke tempat saudara yang ada di Linggau kami juga datang untuk berekreasi ke objek wisata yang ada di Linggau. Alhamdulillah, di long weekend ini kami puas berlibur, tempatnya indah sangat bagus untuk poto poto,” bebernya.

Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Paja (Satpol PP) Lubuklinggau di malam pergantian tahun akan menerjunkan sebanyak 40 personel yang disebar ke sejumlah titik keramaian termasuk ditempatkan di Pospam Pengamanan Bersama dengan polisi. Kepala Satpol PP Lubuklingau, Elbaroma memprediksi malam pergantian tahun bakal ramai seperti tahun-tahun sebelumnya. Khususnya di tempat hiburan rakyat yakni di objek wisata Temam dan Bukit Sulap. “Ada 40 personel. Disebar dititik-titik pospam dan tempat keramaian, dan hiburan rakyat srprti temam, bukit sulap,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menambah personel Pol PP yang ditempatkan dilokasi objek wisata. Sebab libur tahun baru diprediksi masyarakat memanfaatkan meomentum tersebut untuk datang ke sejumlah lokasi objek wisata. “Kami tambah personel, tadinya di temam dua Pol PP, bukit sulap 2 Pol PP. Nah ini masing-masing menjadi lima,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga akan memprediksi libur tahun baru pengunjung lokasi objek wisata di Lubuklinggau naik 100 persen. Mereka datang ke Bukit Sulap dan Air Terjun Temam. “Untuk tahun baru domainnya masyarakat. Silakan masyarakat untuk merakayakannya,” katanya.

Libur tahun baru diprediksi pengunjung dua lokasi objek wisata tersebut mencapai ribuan. “Tahun baru bisa mencapai ribuan. Mereka datang silih berganti. Baik lokal maupun dari luar kota ada,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY