Harga Emas Melejit

0
680
Karyawan Toko Mas S.Sembiring di Jalan Pringgan, Medan, Selasa(25/2), memperlihatkan Mas Antam yang saat ini harganya Naik Rp2.000/gram, Harga 1 gram Emas Antam dibandrol sebelumnya Rp.549.000/gram dan kini naik menjadi Rp.551.000/gram.

 

RADAR PALEMBANG – Per perdagangan Senin (30/9), harga emas LM per gram di PT Antam menyentuh harga Rp770 ribu. Bahkan, tak mungkin berdasarkan banyak analisis bisa ekstrim melonjak ke Rp 900 ribu per gram.
Jika per gram Rp770 ribu, maka dikalkulasikan per suku emas di pasar fisik bisa menyentuh Rp5,15 juta. Faktor perang dagang negara adidaya dan stok tambang emas yang terbatas menjadi sebab utama naiknya komoditas berkilau ini.
Kepala Cabang PT Antam Palembang, Imam Sutarwoko, Senin (30/9) mengatakan harga emas saat ini Rp770 ribu per gramnya. “Emas itu kalau untuk turun harga, dalam kondisi sekarang tak mungkin,”ungkap Imam, kepada Radar Palembang.
Ia menambahkan, namanya tambang emas, makin lama makin habis, ini terkait antara demand dan suplay. “Banyak demand (permintaan,red) dari pada supply (stok atau penawaran,red).”
Selain itu, sambung dia, ada pengaruh dari sentimen politik luar negeri dan dalam negeri, perang dagang antara Amerika Serikat dan China. “Akibatnya, orang (investor,red) tak tertarik lagi untuk pegang dolar AS, akibat perang dagang itu.”
Karena itu, peluang untuk harga emas naik tetap terbuka peluang. “Harga emas bisa lebih baik, sampai dengan akhir tahun, berdasarkan analisis pengamat, ekstrimnya harga emas bisa tembus Rp900 ribu per gramnya,”jelas dia.
Menurut Imam, bukan tak mungkin, karena di September ini sempat menyentuh Rp800 ribuan. Jika diawal tahun 2019, harga emas Rp609 ribu per gram, kini harganya meroket hingga bertengger di level Rp774 ribu per gram. Tak berhenti, komoditas kuning berkilau ini diprediksikan akan menyentuh level Rp800 ribu per gramnya.
Imam Sutarwoko mengatakan emas ini yang mempengaruhi naik turun banyak faktor, termasuk perang dagang Amerika Serikat dengan Cina. Pertama, sambung dia, politik luar negeri, harga kurs dollar, suku bunga bank dunia dan kebijakan moneter pemerintah.
Melihat 6 bulan ke belakang, Imam menyebutkan kalau tren dalam 6 bulan (semester I,red) di 2019 naik, itu cukup signifikan. Termasuk yang menjadi pendorong yakni ada pelaksanaan pemilihan presiden atau pilpres di 2019.
Ia menambahkan, kalau di awal tahun (2019,red) harga emas Rp609 ribu per gramnya, nah kalau sekarang sudah berada di Rp774 ribu per gramnya. Bahkan, sambung dia, sempat menyentuh angka tertinggi di Agustus lalu
Terkait sisa tahun ini, dirinya memprediksikan harga emas akan menyentuh diatas Rp800 ribu per gramnya. “Kisaran harga emas kata pengamat sampai akhir tahun bisa Rp800 per gram bahkan bisa lebih,”jelas dia.
Tohir Chandra Pemilik Toko Emas Asia membenarkan kalau harga emas Antam saat ini menembus angka Rp 770 ribu per gramnya. Namun untuk perhiasan harganya Rp 600 ribu pergramnya atau Rp 4 juta persukunya. “Emas saat ini baik LM maupun Perhiasan memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan,”katanya
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Endang mengakui pergerakan harga emas menjadi salah satu yang diperhatikan pembentukan inflasi di Agustus 2019. “Emas perhiasan mempunyai andil inflasi 0,037 persen,”jelas Endang.

Seperti diketahui, Agustus 2019, Kota Palembang mengalami deflasi sebesar 0,16 persen dengan inflasi tahun kalender 1,62 persen dan inflasi tahunan diangka 2,53 persen. Angka ini masih dibawah target inflasi 3,5 persen plus minus satu.

Untuk Provinsi Sumatera Selatan pada Agustus 2019 mengalami deflasi sebesar 0,15 persen, inflasi kumulatif hingga Agustus 2019 sebesar 1,67 persen dan inflasi year on year sebesar 2,52 persen. (dav)

LEAVE A REPLY