Harga Cabai Melambung

0
621

 

RADAR PALEMBANG – Melambungnya harga cabai merah keriting yang tembus Rp 70 ribu/Kg di Pasar Pangkalan Balai kabupaten banyuasin membuat pusing kepala ibu rumah tangga. Dan yang lebih dipusingkan lagi adalah pemilik warung makan kecil sehingga para pemilik usaha harus mencari akal agar masih bisa mendapatkan untuk walaupun harga cabai naik.

Peni (50) pemilik Warung Makan samping SPBU Pangkalai Balai.mengatakan  tingginya harga cabai merah keriting membuat para ibu rumah tangga dan para pedagan rumah makan kecil harus merasakan dampak nya.

“Naik nya harga cabai ini membuat kami para pedagang harus ketar ketir ketika membeli cabai di pasar pangkalan balai Kemarin, Rabu (12/11) harga capai merah keriting mencapai Rp 70 ribu/Kg,saya beli 1/2 Kg Rp 35 ribu,”ucapnya kemarin.

Dia juga menambahkan dengan naik nya harga cabai membuat para pedagang harus mengurangi untuk membeli cabai “Padahal empat hari lalu harga cabai merah kering masih berkisar Rp 60 ribu/Kg. Kenapa ya kemarin sudah mencapai Rp 70 ribu/Kg.
Dia juga tidak paham apa yang menyebabkan harga cabai merah keriting tembus Rp 70 ribu/ perkilonya.”

Marwan (51), salah satu pedagang cabai dan Sayur di pasar pangkalan balai mengatakan kalau tidak mengerti mengapa harga cabai naik menjadi Rp 70 ribu perkilo nya.

“Dak tahu yang pak apa yang menyebabkan harga cabai merah keriting setinggi itu naik nya itu sudah harga dari palembang sudah naik jadi terpaksa kami menaikan juga harga jual nya kalau tidak begitu bagaimana kami mau ambil untung itu saja paling untung nya sedikit,” ujarnya.

Retno (35) Ibu rumah tangga warga Pangkalan balai mengatakan kalau harga cabai sekarang sudah naik dan di harap harga sembako yang lain jagan sampai juga ikut naik.

“Kami Harapkan jagan sampai harga sembako juga ikut – ikutan naik apalagi gaji suami saya yang hanya sopir angkot tidak seberapa,jika harga sembako naik pasti gaji untuk membeli sembako dan kebutuhan sehari – hari mengalami ke kurangan.kami harapkan bantuan nya kepada pemerintah yang terlibat agar bisa membatu,”jelasnya.

Hasmi Kepala dinas Koperasi dan perdagangan mengatakan harga cabai yang naik sekarang memang di akibatkan faktor kemarau sehingga harga cabai langsung naik.

“Memang menjelang Kemarau saat ini harga cabai yang naik kita sudah antisipasi agar jagan sampai terjadi kelangkaan untuk harga memang naik akibat musim kemarau sehingga hasil cabai tidak terlalu banyak sehingga kami dari dinas koperindag akan terus memantau harga cabai dan harga – harga sembako agar tidak ada kelangkaan di pasar pangkalan balai.”ucapnya.(tri)

LEAVE A REPLY