Hadirkan Kho Kun

0
531

 

+ Yayasan Bu Kong Rayakan HUT dewa

 

RADAR PALEMBANG, Ratusan warga dari marga Sho yang merupakan anggota Yayasan Bu Kong Palembang menggelar ritual HUT dewa Hian Thian Siong Te di Kelenteng Hun Tau Keng yang terletak di Jalan Dwikora Palembang.

Gunawan Adi Suwarno Ketua Yayasan Bu Kong Palembang mengatakan, perayaan dimulai dari pagi hingga sore. “Perayaan diawali dengan tiga kali ritual yang dilakukan oleh pengurus yaitu ritual kepada Thien, dewa Hian Thian Siong Te dan para prajurit dewa. Umat sendiri secara bergiliran melakukan ritual sembahyang,”katanya.

Gunawan mengatakan, untuk menghibur umat yang melakukan sembahyang panitia menyediakan organ tunggal. “Jadi jka umat yang melakukan sembahyang kita persilahkan,”ucapnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Yayasan Bu Kong Palembang Jason Gunawan menambahkan, kalau yayasan Bu Kong i baru terbentuk berdasarkan SK Menkumhamnya pada tanggal 7 Desember yang lalu.

“Untuk kantor sekretariatannya terletak di Jalan Puding Palembang tepatnya di Kelenteng Hun Tau Keng,”katanya.

Menurut Jason, tujuan dibentuknya yayasan Bu Kong ini tidak lain adalah untuk mewadahi aktifitas dari marga Sho. “Jumlah marga Sho di Palembang ini lumayan banyak, namun hingga kini data pastinya belum tahu. Nah, hadirnya Yayasan ini diharapkan selain untuk mendata jumlah marga Sho juga bisa menjalin silaturahmi antar sesame marga Sho,”katanya.

Untuk aktifitas Yayasan Bu Kong sendiri saat ini atau pasca di keluarkannya SK dari Menkumham yaitu merenovasi sekretariatan yaitu Kelenteng Hun Tau Keng. “Kelenteng ini berdirinya sekitar tahun 1970 dimana awal terbentuk hanya sebuah gubuk, namun secara bertahap dibangun dan direnovasi hingga sekarang ini,”ujarnya (sep)

LEAVE A REPLY