Gubernur – Walikota Jadi Irup Hari Bhayangkara

0
93

RADAR PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru  hadir langsung dalam upacaya hari Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 dilingkungan Polda Sumatera Selatan.  Dalam upacara yang diikuti  para perwira dan  anggota Polri yang dipusatkan di halaman Mapolda Sumsel, Rabu (10/7) tersebut Gubernur didaulat menjadi Inspektur Upacara (Irup).

Dalam amanat tertulisnya Presiden Republik Indonesia, IR. H. Joko Widodo yang dibacakan Gubernur H. Herman Deru mengucapkan, Selamat Hari Bhayangkara ke-73  untuk seluruh   anggota dan keluarga Kepolisian Republik Indonesia. Presiden juga memberikan penghargaan   atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan  perjuangan yang telah ditunjukkan personil Polri yang telah  melayani, mengayoni dan melindungi masyarakat. “Melalui momentum  ini, marilah kita  berdoa untuk para personel Polri yang gugur dalam tugas dalam rangka  memelihara keamanan negara kita ini,” ucap Herman Deru.

Menurut Presiden, kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh masyarakat  diseluruh tanah air dimana situasi keamanan dalam negeri  ini terpelihara dengan baik.  Terutama dalam pengamanaan sejumlah agenda dengan kaliber Internasional hingga pengamanan pesta demokrasi Pemilu yang baru saja digelar.

“Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan Internasional yang diselenggarakan  diantaranya yaitu Asian Games, Asian Para Games dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018.  Polri dan TNI juga telah mengamankan Pemilu 2019,” ucap Herman Deru.

Dikatakan Herman Deru, Polri juga telah banyak mengungkap berbagai  jenis kejahatan mulai dari sekala kecil hingga kejahatan besar lintas  negara diantaranya terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang dan kejahatan siber lainnya.  Khusus  kejahatan tindak pidana korupsi sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 Triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 Triliun.

“Dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  dari Badan Pemeriksa Keuangan  (BPK) RI selama 6 tahun berturut-turut,” tegas Gubernur.

Usai upacara  Gubernur didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Firli meninjau dan meresmikan penggunaan gedung Assessment Center Polda Sumsel yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Hj. Febrita Lustia Herman Deru. Selanjutnya dilakukan ramah tamah  yang diawali dengan pemotongan nasi tumpeng  yang  dihadiri juga  oleh Pangdam II/ Sriwijaya ,Mayjen TNI Irwan. Unsur Forkompinda, tokoh  masyarakat, tokoh agama dan undangan penting lainnya.

Sementara itu, Walikota Palembang H Harnojoyo memimpin upacara HUT ke-73 Bhayangkara di jajaran Polresta Palembang yang dipusatkan di halaman Polsek Kertapati Palembang,  Rabu (10/7).

H Harnojoyo berpesan kepada seluruh jajaran Polri di lingkungan Polresta Palembang untuk senantiasa profesional dalam melaksanakan tugasnya, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan. Dirinya berharap, kerjasama yang terjalin antara Polri dan Pemerintah Kota Palembang dapat terus terjalin dalam melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Selamat HUT ke-73 Bhayangkara. Semoga Polri dapat semakin profesional, modern, dan terpercaya dalam mengemban tugas dan amanahnya. Pemerintah Kota Palembang dan masyarakat mengucapkan Terima kasih kepada Polri dan TNI yang telah mampu menjaga kota ini tetap kondusif ‘zero conflict’. Semoga Palembang semakin maju dan terdepan di kancah nasional dan internasional,” ujarnya.

Sementara Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah mengatakan, rangkaian peringatan HUT ke-73 Bhayangkara juga diisi dengan kegiatan donor darah, bakti sosial berupa pembagian sembako, pengobatan gratis dan sunatan massal di Pulokerto Gandus. “Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan Polri ke masyarakat khususnya wong Palembang, agar Polri tetap dicintai masyarakat,” jelasnya..(spt)

LEAVE A REPLY