Gubernur Deru Akui akan Ada Sekolah Benar-benar Gratis

0
266

 

RADAR PALEMBANG – Sekolah gratis memang sudah lama diterapkan di Provinsi Sumatera Selatan. Namun, tak memungkiri masih ada saja suara sumbang yang menyebutkan bahwa, katanya sekolah gratis, tapi masih ada membayar.

Tak boleh menyalahkan siapapun, karena pendidikan memang sudah termasuk kebutuhan pokok. Dengan pendidikan, seorang mampu berbuat lebih baik, baik bagi diri sendiri, keluarga hingga lingkungan sekitarnya.

Karena itu, program sekolah gratis yang dijalankan selama ini, ditegaskan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru akan dilanjutkan. Dan, kedepan memang akan ada benar-benar sekolah gratis dan sekolah yang berbayar.

Hal ini diungkapkan Deru saat membuka kegiatan Mineral Cup 2019 di SMAN 6 Palembang, Jumat (15/2) pagi. “Banyak yang bertanya di sosmed (sosial media,red), mengenai sekolah gratis.¬†Saya sepakat sekolah gratis ini dilanjutkan tapi pada jenjang tertentu dan cluster tertentu,” tegasnya.

Ia menambahkan, yang gratis ya gratis dan yang ingin bersaing ada cluster sendiri berbayar. Dan, sambung dia, untuk menentukan itu kita pakai kriteria dan akan kita tentukan.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengaku punya pemikiran dan ide untuk membuat cluster-cluster khusus di sekolah-sekolah di Sumsel. “Inikan dibilang tidak ada tapi peraturannya ada. Makanya saya punya pemikiran, masih ide untuk bikin cluster,”ujar Deru.

Terkait gagasannya itu, Herman Deru mengatakan masih perlu melakukan urun rembuk dengan jajaran pendidikan baik di kota maupun provinsi untuk menentukan langkah selanjutnya. (dav)

LEAVE A REPLY