GMMVPS Himpun dan Persatukan Muda Mudi

0
496

 

RADAR PALEMBANG- Generasi Muda Mudi Mahayana Vihara Prajna Shanty GMMVPS adalah organisasi yang terbentuk sejak tahun 2009. Kristina, ketua GMMVPS di dampingi Melia, Kepala Sekolah Minggu Vihara Prajna Shanty mengatakan, tujuan dibentuknya GMMVPS adalah menghimpun dan mempersatukan mudamudi di Palembang. Tujuannya, agar terwujud umat Buddha yang beragama Buddha, berperadapan luhur sesuai ajaran Buddha.

“Untuk anggota organisasi kami jumlahnya ratusan orang, namun yang aktif di vihara mencapai 50 orang,” katanya. Dia menambahkan, untuk aktivitas yang biasa dilakukan, mulai dari bidang sosial hingga pendidikan. “Untuk sosial GMMVPS kerap memberikan bantuan kepanti-panti asuhan yang ada di kota Palembang. Ya rata-rata setahun 4 sampai 5 kali melakukan bakti sosial ke panti asuhan,” ujarnya.

Untuk bidang pendidikan, sambung Kristina, di hari Minggu digelar sekolah minggu dengan berbagai bidang diantaranya bahasa Mandarin dan tentang Dharma yang langsung diajarkan oleh biksu Geng Shan. “Ini waktunya dari pagi hingga sore,” ungkapnya

Selain tentang pendidikan, sambung Kristina, sekolah Minggu juga mengajarkan tentang olahraga wushu, barongsai, Liong dan Tari. “Untuk Wushu, barongsai, liong mungkin di Vihara Prajna Shanty merupakan yang terbaik karena sering diundang ke berbagai acara termasuk saat ulang tahun Kota Palembang,” katanya.

Untuk seni tari, tambah Kristina, saat rutin melakukan latihan untuk persiapan tampil saat perayaan Imlek bersama yang rutin digelar di Vihara Prajna Shanty. “Saat perayaan Imlek di Vihara ini biasa ramai, ribuan umat datang untuk sama-sama merayakan Imlek,” jelasnya. (sep)

 

LEAVE A REPLY