Gelar Seminar Nasional Hadirkan Syafii Efendi

0
616

 

RADAR PALEMBANG – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Siti Khadijah Palembang bekerja sama dengan Wirausaha Muda Nasional (WIMNUS) menggelar Seminar Motivasi Nasional dengan mengusung tema “Membangun Jiwa Entrepreneurship Pada Tenaga Kesehatan, Mahasiswa, dan Pelajar  Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.O” Siap Menuju Indonesia Mandiri 2034, Minggu (27/10).

Seminar yang digelar di Graha Sriwijaya ini dihadiri ribuan peserta seminar dari berbagai institusi pendidikan kesehatan, praktisi kesehatan pelajar dan mahasiswa umum dan kesehatan yang berasal baik dari dalam maupun luar kota Palembang.a

Hadir sebagai pembicara,Trainer dan Motivator Muda Indonesia sekaligus penulis buku Medical Preneur,  Syafii Efendi, HM Yamin SKM, M.Kes ( Sekretaris DPW PPNI Sumsel), Siti Aisyah Hamid, Amd.Keb,S.Psi.,M.Kes (Ketua PD IBI Sumsel), dan Hermansyah, S.Si.M.Si.,Ph.D (PD PAFI Sumsel) .

HM Yamin SKM, M.Kes memaparkan  pada era revolusi industri 4.0 semuanya sudah serba digitalisasi, sebagai contoh dalam dunia keperawatan, untuk mengukur tekanan darah maupun suhu tubuh dikenal banyak alat, sekarang tidak perlu ke unit pelayanan, cukup lewat jam tangan.

“Di Jepang, komunikasi dan konsultasi dengan tenaga kesehatan seperti dengan dokter tidak harus bertatap muka, sudah bisa melalui aplikasi seperti Halo Dok,” ujarnya.

Ditambahkannya, PPNI sudah menyiapkan perawat  untuk menyongsong era revolusi 4.0. Perawatnya sudah  siap dan pangsa pasar luar negeri juga sudah siap menerima perawat-perawat.

“Saya baru saja mengirim tenaga kerja perawat ke Jepang dengan gaji Rp 23 juta, dapat apartemen,  pakaian, katering, antar jemput, libur dinas dibayar, bahkan libur di luar dinas dibayar Rp1,3 juta untuk satu hari,” tuturnya.

Sementara Syafii Efendi, Motivator yang paling ditunggu oleh peserta dalam  seminar  tersebut  memperkenalkan dua jenis inovasi yang wajib dikuasai oleh pemuda masa kini yakni ‘Sustain Innovation dan Disruptive Innovation’. Kedua jenis inovasi itu adalah dasar lahirnya Go-Jek, Grab serta Uber.

“Adanya pembayaran online, beli tiket pesawat online dan jenis transaksi lain yang akan menggantikan fungsi manusia, hal ini akan mengakibatkan kebangkrutan, kemiskinan dan ketertinggalan bangsa Indonesia,” tutupnya. (hen)

LEAVE A REPLY