Galang Dukungan Lewat Internet

0
597

RADAR PALEMBANG, RS – Barisan Jokowi-JK Untuk RI (Bajuri) Palembang ternyata lebih memfokuskan dunia maya (internet) sebagai unsur utama dalam menjaring massa mendukung calon presiden-wakil presiden (pilpres) 9 Juli mendatang.

Hal ini terungkap ketika Bajuri Palembang melakukan deklarasi dukungan terhadap pasangan nomor urut 2 di Posko Bajuri Palembang, yang dihadiri puluhan massa Bajuri, Senin (9/6).
Koordinator Bajuri Palembang Sakim mengatakan, Marabunta Family Cyber asal mula berdirinya Bajuri. Penggunaan media internet saat ini dianggap potensial untuk diterapkan dalam produk politik seperti kampanye, sosialisasi tokoh dan diskusi langsung dengan masyarakat sehingga berdampak pada elektabilitas seorang tokoh.
Strategi pemanfaatan jejaring sosial juga pernah digunakan Tim Sukses Barack Obama dalam pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat beberapa waktu lalu.
”Mengimbangi pesatnya perkembangan teknologi Marabunta Family Cyber dibentuk dan diinisiatori saudara Unggul Hadamean Panggabean, pada bulan Oktober 2012 pada momen Pilgub Jabar 2012. Sekarang 13 provinsi dan 18 kabupaten/kota hanya sebulan telah berdiri,” kata Sakim yang juga anggota DPRD Sumsel ini.

Selain Bajuri, Sakim juga telah membentuk tim Gotong Royong yang lebih fokus untuk melakukan pengawasan perolehan suara Jokowi-JK di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), karena tingkat TPS rentan akan terjadinya kecurangan sebagaimana yang terjadi pada pileg 9 April lalu. ”Pengawasan harus dilakukan hal ini untuk mencegah terjadinya kecurangan,” jelasnya.
Pendiri Bajuri Palembang Sumsel Ardhy Fitriansyah mengatakan, tekatnya setelah berdirinya Bajuri untuk memenangkan Jokowi dan JK pada Pilpres 2014 dengan pola gerak berasal dari internet maupun dunia Nyata di lapangan.”Bajuri terlahir dari maya menjadi nyata. Dalam hal ini dunia cyber dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, twitter akan menjadi efektif dalam merangkul banyak massa mendukung Jokowi-JK,”pungkasnya. (zar)

LEAVE A REPLY