Gaji ASN Naik

0
541
Foto : Ilustrasi Uang

 

+ DAU Sumsel Nambah Rp 549,9 M

 

RADAR PALEMBANG – Pemerintah pusat menaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tahun 2019 mendatang. Seiring dengan hal tersebut, Dana Alokasi Khusus (DAU) untuk Sumsel turut mengalami peningkatan.

 

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Sumsel, Taukhid mengatakan, alokasi DAU untuk 18 Pemerintah Daerah (Pemda) di Sumsel tahun depan naik 4,24% dari tahun 2018 menjadi Rp 12,88 triliun.

 

“Naik Rp 545,9 miliar karena telah memperhitungkan kenaikan gaji 5%, formasi CPNSD, THR, dan gaji ke-13,” katanya, Selasa (11/12).

 

Kenaikan penerimaan gaji ini, kata dia, mulai berlaku pada 1 Januari 2019. Akan tetapi masih harus menunggu Peraturan Pemerintah (PP) lebih lanjut yang mengatur juklak dan juknis terkait proses keluarnya.

 

“Artinya seperti ini, misalkan PP keluarnya pada Maret, maka pembayaran kenaikan gaji itu akan dirapel dari Januari sampai dengan Maret,” katanya.

 

Kemudian, kenaikan DAU juga dipengaruhi adanya alokasi dana kelurahan yang dikucurkan pemerintah mulai tahun depan. Dimana sistem penganggaranya langsung dimasukkan kedalam DAU setiap Pemda.

 

“Di Sumsel ada 386 kelurahan yang akan menerima dana kelurahan, totalnya sebesar Rp 140,86 miliar,” katanya.

 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengungkapkan total anggaran yang disiapkan untuk gaji dan tunjangan pegawai di tahun depan adalah Rp 98 triliun.

 

“Lalu untuk alokasi pensiun itu sebesar Rp 117 triliun,” katanya belum lama ini.

 

Askolani juga menjelaskan anggaran yang masuk dalam APBN 2019 itu diporsikan untuk beberapa pos yakin gaji PNS selama 1 tahun, gaji ke 13, THR dan kenaikan gaji PNS sebesar 5%. “Jadi setahun ke depan itu full segitu anggarannya,” katanya.(tma)

 

LEAVE A REPLY