Fokus Lampu Jalan dan Pembangunan SPAL Alokasi

0
192

Bantuan Dana Kelurahan

RADAR PALEMBANG, – Bantuan dana kelurahan Rp384 juta, berguna untuk membantu, dalam meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana kelurahan, serta mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Pemkot Pagaralam, yang akan bergulir di seluruh wilayah Kota Pagaralam.

“Jadi bukan hanya ada di 10 Kelurahan Kecamatan Pagaralam Utara saja, tetapi di 35 Kelurahan di Pagaralam pun mendapatkan suntikan dana kelurahan dari APBN, dengan total dana kelurahan itu sekitar Rp384 juta,” terang Camat Pagaralam Utara Ahmad Ali Ramadhan STTp MSi, saat membuka Musrenbang Kecamatan Pagaralam Utara.

Dana Kelurahan yang akan bergulir tersebut, sebut Ahmad, sepenuhnya dikelola oleh pihak Kelurahan sebagai KPA, sedangkan Kecamatan hanya sebagai PA. Setelah mendapatkan arahan untuk melaksanakan atau mengalokasikan dana kelurahan ini, maka baik Kecamatan dan Kelurahan sudah melakukan rembuk, menyangkut teknis penggunaan dana Kelurahan itu sendiri.

“Setelah kita mendapatkan Petunjuk Teknis (Juknis), dana kelurahan itu tak lain untuk meningkatkan pengembangan sarana dan prasarana Kelurahan, maka setelah melihat skala prioritas, kami (Kecamatan dan Kelurahan, red) memfokuskan di tahun 2019 ini, pertama untuk lampu jalan 1 Kelurahan minimal 4 lampu jalan,” ungkapnya.

Karena itu, tambah Ahmad, pihaknya mempersilahkan kepada Lurah, untuk tentukan titik-titik lokasi lampu jalan yang hendak di pasang. Kedua program yang difokuskan untuk penggunaan dana kelurahan, yakni pembuatan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) yang titik pembangunan diserahkan juga kepada Kelurahan.

“Sifatnya, swakelola dari Kelurahan bekerjasama dengan perangkat Ketua RW dan Ketua RT, yang nanti melaksanakannya sesuai teknis dari pihak Kelurahan. Sebab itulah, dua fokus prioritas penggunaan dana kelurahan, kita titik beratkan di pemasangan lampu jalan dan pembuatan atau pembangunan SPAL di setiap Kelurahan,” tandasnya. (rd3)

 

LEAVE A REPLY