Fauzy Thamrin : Marga Terbanyak Ke 3, Sekilas mengenai Marga Zhang

0
508

 

RADAR PALEMBANG – Marga Zhang adalah adalah sebuah nama marga Tionghoa yang umum digunakan. Marga Zhang dibaca ‘Thio‘ dalam dialek Hokkian; dan ‘Cheong’ dalam dialek Kanton.  Menurut  Pauzi Thamrin, tokoh masyarakat Tionghoa Sumsel, Marga Zhang sendiri merupakan marga dengan jumlah pengguna terbanyak ke 3 di Tiongkok dengan total diperkirakan 86 juta jiwa (belum termasuk dengan masyarakat perantauan dan keturunan yang menggunakan marga romanisasi di luar Tiongkok). “Marga ‘Zhang’  menduduki urutan nomor 24 dalam Buku Ratusan Marga Tionghoa Bai Jia Xing,”katanya.

Pauzi juga menceritakan tentang sejarah Marga Zhang yang tidak terlepas dari  Xie Zhang keturunan Kaisar Huang Di  yang menjabat sebagai seorang Menteri di Negara Jinpada zaman Chun Qiu.

Keturunan dari  Xie Zhang kemudian menggunakan namanya sebagai Marga. Pada tahun 403 M, kekuasaan Negara Jin pecah dan kemudian terbagi menjadi 3 Negara, yaitu Negara Wei, Negara Han dan Negara Zhao. Sebagian warga Marga Zhang bermigrasi mengikuti pemimpin Negaranya masing-masing sedangkan sebagiannya lagi masih tetap berada di wilayahnya. “Oleh karena itu, Marga Zhang menyebar ke hampir seluruh wilayah daratan Tiongkok,”ujarnya.

Pauzi juga menjelaskan tentang tokoh-tokoh terkenal Marga Zhang diantaranya, Zhang Sanfeng  atau di Indonesia lebih dikenal dengan Thio Sam Hong; seorang pencipta seni beladiri Thai Ji Quan dan konon dipercaya sebagai pendiri Klan Wu Dang. Lalu ada juga  Zhang Yimou  Seorang sutradara dan produser film-film terkenal asal Tiongkok dan  Zhang Ahui  pengusaha, bankir dan kapten yang berasal dari Tiongkok dan sukses membangun bisnis besar dalam bidang perkebunan di Sumatera Utara, Indonesia. (sep)

 

LEAVE A REPLY