Fasilitas Percandian Bumi Ayu Ditambah

0
287
BERSIH: Situs Candi Bumi Ayu di Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI yang mulai banyak dikunjungi wisatawan.

RADAR PALEMBANG –  Semakin dikenalnya situs Candi Bumi Ayu yang berada di Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendongkrak pengunjung untuk datang ke kawasan percandian tersebut. Tentu, dengan semakin meningkatnya pengunjung, tentu perlu fasilitas lengkap agar wisatawan baik dari lokal maupun dari luar daerah merasa nyaman.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten PALI saat ini tengah membangun plaza kuliner, plaza cindera mata, gedung pusat informasi, sarana ibadah dan ruang ganti yang letak bangunannya berada persis disamping gedung pentas seni.

“Pembangunan itu bersumber dari DAK tahun 2019 ini, dan akhir tahun ini direncanakan rampung,” ungkap Yunimawati, Plt Kepala Disbudpar PALI melalui Kabid Kebudayaan Palomina Emawati, Kamis (18/7).

Pembangunan plaza kuliner,  plaza cindera mata dan lainnya juga disebut Emawati bahwa untuk persiapan festival Candi Bumi Ayu.

“Diprediksi saat festival bakal ada ribuan pengunjung. Apabila sarana serta fasilitas lengkap, ada kesan tersendiri bagi pengunjung terutama dari luar daerah untuk kembali mengunjungi Candi Bumi Ayu serta bisa memberikan nilai tambah terhadap adanya situs itu,” tukasnya.

Meski bangunan itu masih tahap pengerjaan, namun kawasan percandian tetap ramai, terlebih menjelang liburan atau akhir pekan.  “Pada kawasan percandian ada gedung koleksi dan gedung pentas seni. Ini yang menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke Candi Bumi Ayu. Hanya saja, untuk gedung koleksi dibuka saat hari kerja, oleh karena itu, kami usulkan ke BPJB Jambi sebagai pengelola untuk membuka gedung koleksi setiap hari, agar pengunjung terus bertambah,” tandasnya. (whr) 

 

 

 

LEAVE A REPLY