Empat Daerah di Sumsel Zona Merah

0
205

 

RADAR PALEMBANG – Jelang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif, Badan  Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mencatat ada empat daerah yang masuk zona merah.

Plt Kesbangpol Provinsi Sumsel, Fitriana mengatakan, menghadapi pilpres dan pileg pihaknya telah bekerjasama dengan Bawaslu, KPU, Kepolisian dan stakeholder terkait guna memastikan kelancaraan jalannya pemilu dengan menyinergikan dan mensinkronkan tugas  “Kami sifatnya mendukung dan leading sektornya penyelenggara yakni KPU,” katanya, kemarin.

Kesbangpol memfasilitasi dan menjembatani hal hal yang menjadi kendala dapat menyelenggarakan pemilu. Tentunya agar penyelenggaran pemilu dapat berjalan dengan baik dan tanpa konflik.

Kendati demikian, kata dia, ada empat daerah yang menjadi perhatian lebih yakni Empat Lawang, Kota Palembang, Musi Banyuasin, dan Musi Rawas Utara. Sedangkan daerah lainnya tetap menjadi perhatian namun tidak seperti keempat daerah lainnya.

Alasannya karena keempat daerah tersebut memiliki karakteristik masyarakat yang lebih beragam. JUga karena daerahnya yang sulit di jangkau seperti perairan sehingga memastikan surat suara sampai dengan baik tentu perlu perhatian ekstra dibandingkan daerah lainnya.

Nantinya, pengawasan dilakukan oleh  Satuan Polisi Pamong Praja, Kesbangpol, TNI dan Polri, anggota Panwas, Bawaslu dan KPU. “Kesbangpol akan melakukan quick count dan perhitungan suara dengan menerjunkan tim di setiap daerah, ” katanya.

Tugasnya, mulai dari tahapan distribusi sampai kotak suara kembali ke KPU. Seperti pengawasan logistik di TPS, perhitungan dan lainnya. (tma)

 

LEAVE A REPLY