Dude Cafe, ‘Homey’ dan Bernuansa Alam

0
142

RADAR PALEMBANG  – Membuka usaha cafe di tengah situasi pandemi saat ini merupakan suatu tantangan yang cukup besar. Dude Cafe yang ada di Jalan Inspektur Marzuki Lorong Mandiri No 7 Palembang ini mencoba menghadapi tantangan tersebut dengan menawarkan sesuatu yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat pandemi.

Menyulap garasi menjadi tempat usaha, cafe dengan kapasitas kurang lebih 100 memang sengaja dikonsep ala rumahan dengan memanfaatkan halaman rerumputan yang cukup luas dan tanaman hijau yang ada sehingga memberikan suasana homey. Selain itu terdapat juga kolam ikan yang diharapkan dapat memberikan ketenangan pikiran bagi pengunjung yang datang.

“Rencana buka cafe ini sejak dua tahun yang lalu, tapi baru bisa terwujud sekarang. Kita biasa main kraf dan jumputan di usaha kita B’doelur Gallery, cuma sewaktu pandemi kita coba terjun di bisnis kuliner. Kalau mau buat usaha makanan gak sesimpel fashion, makanan kalau gak habis gimana,  belum lagi nyari karyawan butuh waktu, nah ini jadi tantangan buat kita. Dude sendiri mempunyai arti dua desember dan teman atau sahabat,” tutur Silvie, salah satu pemilik Dude Cafe saat dibincangi, Rabu (13/1)

Selain itu, dengan adanya Dude Cafe disebutkan wanita yang juga berprofesi sebagai jurnalis ini, dapat membuka peluang kerja bagi mereka yang dirumahkan terdampak pandemi Covid-19.

Sementara Yoan, pemilik Dude Cafe lainnya menambahkan, setiap hari pihaknya ingin melakukan sesuatu yang berkah. Menurut dia, sudah umum kalau di tempat makan lain menawarkan air putih dengan harga yang cukup mahal,  namun tidak di Dude Cafe.

“Kita ada program gratis minuman sehat infuse water.  Kami peduli karena saat ini sedang pandemi,  jadi kami berupaya bagaimana caranya yang makan di sini tetap sehat,  berkomunikasi juga sehat,  tetap menjaga protokol kesehatan, dan kita dapat fun di sini,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut wanita yang keseharian bekerja sebagai Tim Ahli DPRD Provinsi Sumsel dan Dosen ini,  Dude Cafe juga memiliki rencana akan ada program Jumat Barokah, dimana setiap Jumat cafe ini akan memberikan makanan dan minuman gratis bagi yang membutuhkan.

“Kita tidak membatasi apakah duafa atau tidak. Siapapun yang membutuhkan bisa datang ke sini, nanti kita akan siapkan menu makanan khusus,” imbuhnya.

Dude Cafe juga memiliki menu istimewa yang tidak ditemui di tempat lainnya seperti Nasi Goreng Dua Rasa. Menu unik ini menyajikan perpaduan nasi goreng daging yang pedas dan nasi goreng  telur dengan cita rasa gurih sehingga menciptakan sensasi tersendiri di lidah. Selain itu tersedia juga Mie Special Dude, Mie Goreng Ayam, spaghetti, macaroni, dan lainnya. Semua menu yang dibanderol mulai dari harga Rp15.000 ini diolah tanpa menggunakan MSG.

Untuk minuman, cafe yang buka mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB ini menyuguhkan mulai dari coffee dan non coffee, special mojito, dan aneka juice yang dibanderol mulai dari Rp10.000. Dude Cafe juga menyediakan fasilitas gratis WiFi bagi pengunjung.  (hen)

LEAVE A REPLY