Drainase Ruko Buruk, Akses Jalan Tergenang

0
771
Foto :ilustrasi

 

RADAR PALEMBANG – SUGENG (36) salah satu warga Pangkalan Balai  yang dibincangi radar palembang  mengaku, mengeluhkan buruknya drainase ruko yang terkesan tidak ada sehingga membuat air hujan tidak dapat mengalir dengan baik hingga mengalir ke Jalan.

“Setiap hujan turun aliran air langsung turun ke jalan karena tidak ada saluran pembuangan dari ruko ruko di sekitar daerah ini,” ungkapnya dijumpai  usai hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Banyuasin III dan sekitarnya, Selasa (29/04) sore.

Ia menegaskan kondisi tersebut menurutnya sangat disayangkan karena jelas akan mengganggu pengguna jalan yang melintas.  Dan kondisi serupa juga bisa dijumpai di kecamatan lain yakni Kecamatan Talang Kelapa, dan Kecamatan Betung dimana pertumbuhan pembangunan ruko yang terjadi cukup pesat.

Selain itu, kondisi tersebut apabila dibiarkan jelas akan merusak akses jalan Lintas Timur  yang saat ini telah rusak akan menjadi semakin rusak  “Bagaimana pengguna jalan bisa tenang kalau akses jalan tergenang air seperti ini, lubang besar bisa saja disamarkan dengan aliran air,” tegasnya

Senada disampaikan, Julianto (29) mengaku menyayangkan kondisi drainase yang buruk sehingga hampir sebagian besar akses jalan menjadi tergenang sehingga kesulitan untuk dilewati.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Arkonì menegaskan pihaknya sangat mendukung pesatnya pembangunan terutama ruko yang ada di sisi akses Jalan Palembang Betung. Pihaknya menegaskan lembaga perizinan diharapkan lebih selektif dalam pengawasan terhadap syarat syarat yang harus dipenuhi oleh para pengelola ruko.

“Pesatnya pembangunan jangan sampai berdampak pada lingkungan, karena akan sia sia apabila pembangunan pesat namun masyarakat luas mendapatkan dampak atas pembangunan tersebut,” ungkapnya.

Ia menegaskan pemerintah daerah melalui Badan perizinan Terpadu dalam hal ini mengemban tugas pengawasan harus bersikap tegas. Apabila memang ada ada pelanggaran harus segera diberikan teguran bahkan sanksi tegas sebagaimana fungsi pemerintah.(*)

LEAVE A REPLY