DPW FKBNI Sumsel Selenggarakan Webinar Bela Nusanta Indonesia di Era covid 19

0
250

RADAR PALEMBANG– Forum Komunitas Bela Nusantara Indonesia (FKBNI) Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Selatan sukses mengadakan webinar atau seminar online secara nasional yg dihadiri oleh hampir seluruh provinsi di Indonesia dari sabang sampai merauke.

Webinar yang mengambil tema “Belajar Dari Covid-19 : Spirit Humanis Taat Azaz Bela Nusantara Indonesia di Tengah Pandemik Virus Corona”. Acara dibuka oleh Wakil Ketua Tiga FkBNI Sumsel Tugan Siahan SH, MH. Ketua DPW FKBNI SUMSEL Dr. Andries Lionardo, S.IP M.Si. menjelaskan bahwa Webinar ini sendiri laksanakan berawal dari kondisi pandemik dengan mewabahnya virus corona atau Covid-19 yang melanda tidak hanya terjadi di Indonesia namun melanda ke seluruh negara dunia saat ini membuat sebagian besar manusia (kita) semakin takut dan gelisa serta panik, apalagi kalau di lihat dalam pemberiataan yang tersebar di lini media massa dan media sosial hari ini menujukan betapa berbahaya virus Corona ini.

Rumusan seminar menyimpulkan bahwa kondisi pandemi covid 19 ini pasti memberikan multiefek perubahan ke semua sendi-sendi kehidupan yaitu berupa pergeseran prilaku dan tata kelola di semua sektor baik kesehatan, ekonomi, pendidikan, budaya, agama dan sosial kemasyarakatan lainnya.Namun sebagai anak bangsa dengan segala energi yang dimiliki kita tentu saja dapat berkontribusi dengan cara mentransfer energi dan kekuatan tersebut ditengah-tengah masyarakat dengan menebar rasa optimisme dan harapan yang mungkin bisa kita petik dari konsisi pandemik ini.

Energi dan kekeuatan tersebut dapat saja berupa Spirit bela nusanatara yang dapat kita tunjukan kepada masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke menemukan relavansinya untuk dibahas. yang berlangsung Kemarin (21/5).

Pemateri dalam webinar ini sendiri berasal dari beragam sudur pandang ilmu yang disampaikan oleh para guru besar, akademisi muda dan para tokoh-tokoh masyarakat diantara lain adalah :
1. . Prof. DR. Jon Fiter, M.Kes dan Prof. DR. Frans Salesman, SE., M.Kes (Guru Besar Kesehatan Masyarakat) dengan tinjauan spirit bela negara secara umum dan dari sisi kesehatan masyarakat.
2. Prof. DR. Syamsurizal Tan, MA akan membahas dari sisi perubahan dan Gejolak Ekonomi di Era Covid 19 (Butuh Refocusing Anggaran dan Komitmen).
3. Prof. DR. Dra. Rukmina Gonibala, M.Si akan memberikan tinjauan dari sisi sosiologis, berupa perubahan sosial apa yang terdampak pandemi ini dan prediksi situasi sosial pasca pandemik .
4. Prof. DR. Robert Sibarani, MS akan membahas dan memberikan pandangan dari sisi Antropoligustik,
5.Mayor. Zainubbi (Wakil Ketua FKBNI Sumsel) Akan membahas dan memberikan pandangan dari sisi tantangan Keamananan Nasional ditengah Covid-19 serta upaya-upaya apa yang perlu disiapkan dalam situasi pandemik ini.
6. Haris, SE (Tokoh Walubi Sumsel) akan memberikan tinjauan dari sisi sosial kemasyarakatan
dan toleransi umat beragama ditengah pandemik.
7. Januar Eko Aryansah, S.IP., M.Si (Akademisi FISIP UNSRI) akan memberikan tinjauan
akademis seperti apa tantangan pemerintah dalam situasi ini dan perubahan tata kelola pemerintah (governansi) baru seperti apa dapat dipetik dari masa pandemi Covid 19 ini.

Dalam prosesnya acara yang berjalan via Zoom meeting ini berdurasi hampir 3 jam dengan pembahasan yang santai dan serius yg di moderatori oleh Puput SU (Duta Komunikasi FISIP UNSRI 2018) serta sebagai operator acara adalah Hatta. M. Saleh, S.IP dan Event Manajer H. Antony Marten selaku Sekjen FKBNi Sumsel.

Prof. Dr. Jon Piter, M. Kes sebegai Ketua Umur DPP FKBNI “mengHarapkan dengan terselenggaranya acara ini dapat menumbuhkan kepada masyarakat akan nilai-nilai nasionalisme dan taat kepada aturan dari pemerintah, menghadapi musibah Covid-19 dengan konsep Humanisme yang dapat di tebarkan ke lingkungannya masing-masing.
Dan mengucapkan terimakasih kepada panitia dan DPW FKBNI SUMSEL atas terselenggaranya acara ini.”tutupnya.(zar)

LEAVE A REPLY