DPRD Minta Dinkes Sosialisasi Kriteria Wajib Vaksin

0
60
Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati

RADAR PALEMBANG – Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) RA Anita Noeringhati masih bertanya-tanya apakah dirinya termasuk penerima vaksin Covid-19 atau tidak.  Pasalnya, Anita mengaku mengidap penyakit rematik autoimun, sehingga kerap merasakan nyeri pada persendian tangan. Anita mengatakan, rasa nyeri biasa dirasakannya pada sore hari.

“Saya kebetulan punya riwayat penyakit rematik autoimun yang kelihatannya sehat, setiap sore saya itu kesakitan. Ngangkat tas saja nggak kuat. Nah itu ternyata tidak boleh (divaksin) salah satunya,” ujar Anita, Selasa (12/1).

Dari informasi yang didapatnya, politisi Golkar ini mengatakan, ada beberapa kriteria orang yang tidak boleh menerima vaksin Covid-19. Misalnya orang yang pernah tepapar virus corona dan mereka yang mengidap penyakit tertentu yang tidak boleh divaksin, seperti diabetes, rematik dan penyakit jantung. Batasan usia juga menjadi syarat penerima vaksin, sebagaimana yang disampaikan Dinas Kesehatan Sumsel, batas usia penerima vaksin mulai dari usia 18 tahun sampai 59 tahun.

Lebih lanjut, Anita akan berkonsultasi dengan dokter terkait riwayat penyakit rematik yang diidapnya apakah boleh divaksin covid 19 atau tidak.  “Saya belum cek didaftar penerima vaksin, tapi saya akan konsultasi dulu, apakah betul riwayat rematik autoimun itu dilarang vaksin, ini harus dicek, jangan sampai vaksin itu manfaatnya tidak maksimal,” katanya.

Ketua DPRD Sumsel perempuan pertama ini, meminta dinas kesehatan provinsi untuk menyosialisasikan kriteria penerima vaksin dan kriteria orang yang tidak boleh divaksin. Selain itu perlunya pengecekan kembali kondisi kesehatan masyarakat sebelum disuntik vaksin Covid-19.

Dia menambahkan, semua pihak harus berpikir positif dengan langkah pemerintah yang akan melakukan vaksinasi covid 19.  “Yang perlu digaris bawahi pemerintah tidak akan menyengsarakan ataupun membuat masyarakat penerima vaksin itu menjadi malah tidak sehat,” katanya.

Di DPRD Sumsel, Anita belum berkordinasi dengan fraksi-fraksi terkait kesiapan vaksinasi wakil rakyat. Namun jika vaksinasi telah diperintahkan pemerintah pusat, maka DPRD Sumsel akan patuh. (zar)

 

 

LEAVE A REPLY