Disdikbud OKU Timur Gelar Bimtek Penulisan Cerita Rakyat

0
116
Bimtek penulisan cerita rakyat yang berlangsung di SMPN 1 Belitang

RADAR PALEMBANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) OKU Timur melalui Komunitas Penulis Griya Mata Pena (GMT) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penulisan cerita rakyat terhadap guru IPS dan Bahasa Indonesia SMP se-OKU Timur. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, di wilayah Martapura dan Belitang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin melalui Kabid Kebudayaan Muhammad Ridwan saat membuka Bimtek mengatakan, bimtek ini diikuti sebanyak 80 peserta, dimana 75 peserta dari guru IPS dan Bahasa Indonesia jenjang SMP dan 5 peserta dari perguruan tinggi dan sekolah di lingkungan Disdikbud OKU Timur.

Menurutnya, Bimtek penulisan cerita rakyat ini merupakan bentuk apresiasi terhadap semakin sulitnya masyarakat mencari dan menemukan kembali cerita lokal daerah khususnya di OKU Timur.

Selain itu, juga untuk kebutuhan muatan lokal pendidikan di OKU Timur. Untuk itu Bidang Kebudayaan Disdikbud OKU Timur menggandeng Komunitas Penulis Griya Mata Pena OKU Timur untuk melatih para guru mengidentifikasi dan menuliskan kembali cerita rakyat tersebut dalam bentuk buku.

“Jika ini sudah berjalan, kedepan kita akan launching buku cerita rakyat hasil karya guru-guru ini. Semoga dengan dibuatnya cerita-cerita sejarah khususnya di OKU Timur, generasi muda dapat kembali mengetahui cerita-cerita terdahulu agar dapat kembali dilestarikan,” jelasnya.

Sementara, Ketua pelaksana kegiatan Himawan Bastari menambahkan, kebutuhan akan bahan bacaan berlokalitas daerah khususnya di OKU Timur saat ini sangat perlu dilakukan. Hal ini agar masyarakat dan generasi muda mengetahui akan sejarah suatu daerah. Untuk itulah muncul ide untuk mengadakan kegiatan ini.

“Kita tidak akan berhenti sampai melaksanakan bimtek ini saja, tetapi juga akan membukukannya untuk bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Disdikbud OKU Timur, Griya Mata Pena, MKKS dan SMP Negeri 1 Belitang yang telah memfasilitasi kegiatan Bimtek ini,” tegas Himawan yang juga Sekertaris Komunitas Griya Mata Pena.(awa)

 

LEAVE A REPLY