Disambut Antusias Masyarakat

0
680

 

+ Pengobatan Gratis yang Digelar PSMTI dan Paguyuban ANXI Sumsel

RADAR PALEMBANG– Pelaksanaan bakti sosial di bidang kesehatan yang digelar oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sumsel kerjasama dengan Paguyuban Anxi ditanggapi antusias dari masyarakat yang ada di kawasan Talang Buruk KM 7.

Bahkan dalam pemeriksaan kemarin (27/11), menerjunkan sedikitnya 12 dokter dari berbagai RS yang ada di Palembang. “Total ada 12 dokter yang telah kami siapkan untuk baksos ini,”kata Ketua Panitia Baksos, Rusmiati Zen mewakili Ketua PSMTI Sumsel, Kurmin Halim SH dan Ketua Paguyuban Anxi Sumsel Sukarta, kemarin.

 

Untuk tenaga medisi ini, diakuinya dari berbagai RS yang ada di Palembang. Seperti RS RK Charitas, RSUD Bari Palembang dan RS Siloam. Bahkan dari seluruh warga yang ikut peemeriksaan ini, tidak ada satupun warga yang membayar atau gratis. Sedangkan yang ikut dalam kegiatan bakti sosial ini ditargetkan sebanyak 300 pasien. Jadin begitu peserta sudah mendaftar, maka langsung menuju ke ruangan dokter ang sudah disiapkan. “Selain dokter umum, kita juga siapkan dokter spesialis,” ulasnya.

Dimana menurutnya, selain bakti sosial kesehatan, PSMTI Sumsel juga banyak berperan dalam bidang sosial dan juga pendidikan. Bahkan belum lama ini, pihaknya juga melakukan donor darah dengan melibatkan ratusan orang dan juga melakukan diskusi kebangsaan bersama masyarakat dari berbagai elemen. “Selain bidang kesehatan, ada banyak lagi kegiatan yang sudah kami laksanakan. Dan tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya

Dijelaskan Rusmiati, sebagai bagian dari masyarakat Sumsel, dirinya akan terus bekerja untuk masyarakat. Paling tidak apapun kegiatan yang dilakukan agar bisa lebih berperan aktif lagi dalam masyarakat. Untuk itu, pihaknya lebih ingin dekat dengan masyarakat. Dan sehingga dirinya dan PSMTI Sumsel juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari masyarakat Sumsel. “Kalau semua bergerak bersama untuk kesejahteraan masyarakat, saya yakin program pemerintah dalam upaya kesejahteraan makan akan lebih cepat terlaksana,” ungkapnya lugas.

Dr Jefri SpB KBD, salah satu dokter yang ikut dalam pengobatan gratis dari PSMTI Sumsel mengatakan, secara keseluruhan dokter yang ambil bagian dalam kegiatan ini sebanyak 12 dokter yang berpraktek di berbagai RS yang ada di Palembang. Namun dalam hal ini, semuanya bahu membahu melayani kesehatan masyarakat. Mulai dari pasien dengan sakit umum seperti sakit kepala, diare, ataupun batuk, juga melayani pasien dengan keluhan khusus.

“Sedapat mungkin kita layani dengan baik. Kalaupun harus dirujuk ke RS, maka saya akan buatkan surat rujukan dan merekomendasi untuk bisa dirawat. Dan target kita, ada 300 pasien,” tandas pria yang juga bertugas di RSUD Palembang Bari, RS RK Charitas dan RS Siloam Sriwijaya Palembang. (sep)

LEAVE A REPLY