Dewan:  Bayarkan Gaji Guru Honorer

0
57
Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel, Syaiful Padli

RADAR PALEMBANG – DRPD Sumsel meminta kepada pemerintah provinsi Sumatera Selatan untuk memprioritaskan pembayaran gaji Guru honorer yang mencapai 11 ribu, ketimbang mengangkat tenaga honorer Aparatur Sipil Negara (ASN). Meski saat ini pemprov kekurangan ASN yang mencapai 4.157.

“Kami minta jangan dulu mengangkat honorer, namun bayar dulu 11 ribu honorer yang terdiri dari guru dan tenaga pendidikan di Sumsel, karena itu sudah dianggarkan,” Kata Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel, Syaiful Padli kepada  Radar Palembang, Kemarin (9/9).

Menurut Syaiful anggaran gaji honorer yang telah dianggarkan pada APBD induk 2019 yang mencapai Rp 13,2 miliar sampai dengan saat ini belum dapat dicairkan karena terkendala oleh payung hukum.  “Carikan jalan keluar sehingga bisa cair. Jika ini selesai baru lakukan pengangkatan ASN baru. Dahulukan yang lebih  mendesak, “Kata Syaiful.

Dijelaskan Syaiful, bahwa dana tersebut sangat diharapkan oleh para guru honorer yang ada di Sumsel karena dengan adanya dana tersebut dapat membantu ekonomi para guru, karena gaji yang selama ini diterima belum mencukupi.

Sebelumnya,wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya menjelaskan pemerintah daerah tidak lagi diperbolehkan merekrut tenaga honor. Jika masih tetap melakukan ada sanksi dari pemerintah pusat. Kendati demikian, Pemprov masih melakukan pengangkatan tenaga kerja perangkat daerah.

Menurutnya, pengangkatan tenaga kerja perangkat daerah yang dilakukan pemprov Sumsel didasarkan adanya kebutuhan organisasi perangkat daerah yang masih kekurangan pegawai, Ini didasarkan hasil analisis beban kerja bahwa Pemprov Sumsel kekurangan pegawai sebanyak 4157 orang

Pertimbangan lainnya , jumlah PNS yang pensiun dalam lima tahun terakhir sebanyak 23 65 orang sedangkan penerimaan CPNS sangat terbatas terutama perioritas tenaga guru dan kesehatan. Didasarkan atas pertimbangan tersebut terhadap tenaga kerja perangkat daerah yang telah bertugas kiranya dapat dipertimbangkan untuk membantu tugas-tugas pemerintah dan pembangunan di Pemprov Sumsel,”kata Mawardi. (zar)

 

LEAVE A REPLY