Deru : Setiap Pasar Akan Ada Pos Kesehatan

0
845

 

RADAR PALEMBANG – Pentingnya pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat membuat pemerintah kabupaten OKU Timur memprioritaskannya. Salah satunya yakni menggagas fasilitas layanan kesehatan diseluruh pasar di bumi sebiduk sehaluan dijadwalkan juni mendatang.

Bupati OKU Timur H Herman Deri SH MM mengatakan setiap pasar akan dibangun pos pelayanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan pedagang dan pengunjung pasar baik untuk mendapatkan layanan kesehatan maupun berobat/Adapun layanan kesehatan di pasar ini diberikan secara gratis.

“Pembuatan pos pelayanan kesehatan pasar bertujuannya membantu pedagang dan masyarakat yang ada di pasar. Keberadaan pos ini memberikan pelayanan pertama, contohnya jika ada pedagang daging atau ikan yang terluka, bisa langsung diberi pengobatan tanpa harus jauh ke rumah sakit atau puskesmas,” ujar Deru.

Sedangkan untuk lokasi atau ruangan pos pelayanan kesehatan pasar, akan menempati salah satu los yang ada di pasar. Sedangkan tenaga medisnya sendiri yang akan bertugas di pos pelayanan kesehatan pasar berasal dari puskemas yang berada tidak jauh dari setiap pasar.

“Target kita Juni nanti pelayanan kesehatan di pasar ini sudah harus terealisasi,” tegas Deru.

Sementara itu, pelaksanan tugas Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur dr Sindang Iwari MKes mengatakan, untuk mewujudkan program pos pelayanan kesehatan pasar tersebut, sebagai langkah awal yang dilakukan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan, Keindahan dan Pasar (DKKP).

“Pada prinsipnya kita siap melaksanakan program yang digagas oleh pak bupati. Karena itu kita akan berkoordinasi dengan DKKP untuk mengetahui jumlah pasar yang ada di OKU Timur dan penempatan lokasinya. Jika lokasi sudah diketahui kita tinggal menentukan petugas medisnya,” ujar Sindang.(awa)

 

LEAVE A REPLY