Demokrat Bidik Menang Besar di Pilkada Serentak

0
186

 

RADAR PALEMBANG – Menjelang pemilihan kepala daerah serentak di tujuh Kabupaten/Kota di Sumsel, Partai Demokrat mulai membuka penjaringan bagi partai kandidat yang akan bertarung nanti. Pada pilkada kali ini, Demokrat membidik kemenangan besar seperti pilkada serentak tahun 2018 lalu.
Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzarekki mengatakan, setelah menerima Peraturan Organisasi (PO) dan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) terkait pilkada serentak dari DPP Partai Demokrat pada, hari ini (27/1).
“Hari ini dari DPP telah menyampaikan bagaimana PO dan juklaknya selanjutnya senin (27/1) buka pendaftaran calon kepala daerah di 7 kabupaten kota yang menggelar pilkada,” ujar Muchendi pada acara konsolidasi dan silaturahmi Partai Demokrat Sumsel untuk pemenangan pilkada serentak 2020 di Hotel The Zuri Palembang, Sabtu (25/1).
Menurut Muchendi pendaftaran terbuka bagi umum baik internal kader Demokrat maupun eksternal kader. Muchendi yang juga Wakil Ketua DPRD Sumsel ini menegaskan pendaftaran calon kepala daerah di Demokrat tidak dipungut biaya alias gratis.
Setelah proses pendaftaran lanjut Muchendi, berkas masing-masing calon kepala daerah akan diverifikasi pihaknya. Selanjutnya calon kepala daerah akan diminta memaparkan visi misi dan program. “Pertengahan Maret nanti akan dilakukan survei, karena hasil survei itulah yang menjadi salah satu faktor apakah calon layak didukung atau tidaknya,” katanya.
Muchendi berharap beberapa daerah yang mana kader Demokrat menjadi pimpinan DPRD memiliki peluang untuk menjadi kepala daerah, baik itu wakil maupun bupati ataupun walikotanya.
“Seperti di OKU Selatan, PALI dan Muratara kebetulan pimpinan DPRD nya dari Demokrat. Artinya ada peluang diajak atau menjadi calon kepala daerahnya,” tukas Muchendi.
Sementara itu, Wakil Ketua DPP Partai Demokrat, Supandi R Sugondo mengatakan, dalam menghadapi pilkada serentak 2020 diakuinya Demokrat terkesan senyap, namun demikian dia memastikan Partai Demokrat menjadi partai yang berbahaya dan akan memberikan tsunami di pilkada 2020 dengan menjadi partai pemenang. “Walau senyap tapi berbahaya, kita akan jadi tsunami 2020,” kata Supandi.
Menurutnya dengan kekuatan doa dan jaringan pengurus partai yang solid hingga tingkat yang paling bawah, partai Demokrat optimis sukses memenangkan pilkada 2020. “Dari tujuh pilkada di Sumsel targer kita tidak boleh kalah, harus menang. Soal strategi menjadi rahasia partai,”ujar dia
Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, MF Ridho menambahkan dalam proses penentuan calon kepala daerah, DPD tidak bisa mengambil keputusan. “DPC menjaring DPD menindak lanjuti, keputusan ada di DPP. Pendaftaran terbuka jangan sampai ada kesan nanti ada yang terhambat mau mendaftar. Jadi siapa pun yang akan daftar bisa diterima dengan sebaik-baiknya,”tukasnya.(zar)

LEAVE A REPLY