Dari Hobi Jadi Profesi

0
520

 

 

RADAR PALEMBANG – Tidak banyak orang yang memiliki penghasilan dari sekedar hobi. Irwan Ghozali pemilik Avena Florist telah merintis usahanya sejak 9 tahun silam, kini usahanya tersebut mejadi penghasilan yang menjanjikan.

Delapan Agustus tahun 2008 merupakan awal terbentuknya usaha tersebut. Usaha yang hingga saat ini masih terus berjalan diawali karena kesukaannya terhadap bunga. “Ya, saya awalnya hobi menanam bunga dan menyukai keindahan serta estetikanya. Dibantu dengan pegawai dan anak-anak saya, usaha ini masih berkembang dan Puji Tuhan berjalan lancar,” katanya.

“Pegawai disini sekitar 10 orang. Dari awal usaha ya pegawai disini gonta-ganti, cuman ada Pak Jasan yang dari awal usaha buka sampai sekarang masih tetap bertahan. Selama menjalankan usaha cukup banyak kendala yang dialami, kayak kalua stok bunga segar lagi sepi ya bunga bisa jadi busuk dan kadang kita buang. Karena kita juga mementingkan kualitas untuk dijual,” ungkap Irwan.

Jenis bunga yang dijual, tidak hanya bunga segar. Bunga meja, bunga papan sewa serta papan ucapan juga merupakan jenis yang dijual disini. Bunga segar biasanya diminati karena dapat dijadikan buket untuk acara-acara graduation, serta giveprise keluarga, teman dan orang-orang yang dicintai.

Papan ucapan yang ditawarkan ada dua pilihan. “Untuk papan sewa kita jual sesuai ukuran serta menggunakan bahan palsu berjenis kain, harga yang ditawarkan mulai dari range Rp. 250.000 – Rp. 500.000 per papan. Sedangkan untuk papan ucapan beli, kita menggunakan streoform dan bunga segar. Harganya sekitar Rp.450.000 – Rp.800.000 per papan,” jelas Irwan

Macam bunga segar yang ditawarkan Avena Florist yang berlokasi di Jalan padang Selasa No. 502 Palembang seperti krisan, aster, carberra, carnation, mawar, lili dan matahari. Harga setiap jenis bunga berbeda-beda. Mulai dari Rp. 6.000-75.000 per tangkai.

Menurut anak Irwan Verin, bunga segar yang kita djual disini, stoknya tidak selalu ada kayak bunga lili dan matahari. Ya karena jarang dikirim dan pembeli juga jarang memilih bunga ini kalo untuk buket. Harga lili dan matahari juga range harganya sampai Rp. 75.000 pertangkai.

“Selain ambil bunga dari Jakarta lewat cargo, kita juga menanam bunga anggrek sendiri di pekarangan rumah untuk dijual. Kita memilih anggrek karena cuman anggrek yang tahan, berkembang dan tumbuh dengan cuaca di Palembang. Harganya juga sama kayak bunga lain hanya Rp 6.000 pertangkai” Tambahnya.

Bunga mawar Avena Florist memiliki variasi warna. Mawar yang biasanya hanya merah dan putih, dapat di variasikan menjadi berbagai warna seperti warna hitam, biru dan rainbow. Seperti yang dituturkan salah satu pegawai Avena Florist Romlah.

“Warna bunga yang bervariasi, kita eksperimen penyerapan air dari batang bunga mawar putih. Mawar putih, di potong menjadi tiga pada bagian bawah batang mawar, kemudian mawar dicelupkaan kedalam pewarna air lalu setelah air menyerap ke atas mawar putih akan memiliki warna indah selain warna biasanya. Kalo untuk mawar kita jual Rp.30.000 pertangkai,” jelas Romlah. (rd1)

LEAVE A REPLY