Dari Enterpreneur Terjun ke Panggung Politik

0
539

 

+”M Noverian Aditya-Putra Caleg DPRD Sumsel dari Partai Hanura

RADAR PALEMBANG, Banyak pebisnis ragu dan takut jika ingin terjun politik. Tapi, itu tak berlaku bagi M Noverian Aditya-Putra pengusaha muda yang multi talenta ini.

M Noverian Aditya-Putra adalah sosok pria kreatif yang memiliki semangat yang tak kunjung padam. Ide-ide segarnya selalu muncul atas dorongan rasa keingintahuan. Tak heran, karena banyaknya ide kreatif tersebut, dia memiliki banyak usaha di berbagai bidang dan dipercaya menjadi Direktur Operasional di perusahaan orang tuanya yang bergerak di bidang Migas.

Pria ramah yang dikenal dekat dengan semua kalangan masyarakat ini mengatakan kunci dalam bekerja adalah fokus terhadap apa yang akan dikerjakan. “Jadi apa pun itu jika dikerjakan dengan fokus pasti akan berhasil,” kata pria yang baru berusia 24 tahun ini membuka pembicaraan saat dibincangi kemarin.

Selain fokus, sambung Eri, dalam bekerja dirinya juga selalu berusaha untuk profesional, dalam arti harus bisa membedakan antara kerja di perusahaan dan organisasi, dan terus berusaha untuk membangun kerjasama suatu tim. “Ini saya lakukan sejak pertama kali saya bekerja,” terang alumni S1 Universitas Indonesia jurusan Ekonomi Bisnis dan Korea University Business School, Jurusan International Marketing ini.

Eri menceritakan tentang perjalanan hidupnya hingga sekarang, saat mengikuti program pertukaran pelajar di Korea University Business School sekitar tahun 2015 dirinya sudah mulai belajar kerja dari nol di CBSC Coffee Korea sebagai Barista & International Sales Representative. “Ini pengalaman kerja saya pertama kali. Saya mendaftar di perusahaan kopi paling terkenal di Korea saat itu, karena saya memang sangat tertarik dengan industri kopi dan merasa Indonesia bisa banyak belajar dari Korea yang industri kopinya sedang berkembang pesat, ”ungkapnya.

Selepas kuliah di Korea dan Pulang ke Indonesia dirinya diminta untuk menjadi Head Barista dan Quality Assurance Manager di Ruang Seduh Kemang. “Ketika pulang dari Korea, teman saya mengajak saya untuk mendirikan kafe dan mengaplikasikan semua ilmu yang telah saya pelajari di Korea disini. Ajang pembuktian hasil belajar lah, ”ungkapnya.

Menurut Eri, setelah lulus dirinya bekerja ikut orang di sebuah perusahaan konsultan dan inkubator bisnis multi sektor, dari bisnis riil yang konvensional, hingga perusahaan startup yang berbasiskan teknologi. “Cukup banyak pengalaman yang bisa saya dapat selama bekerja di perusahaan itu. Setelah itupun saya sempat menjadi konsultan freelance selama 1 tahun, sembari saya mencoba membuka usaha sendiri di bidang teknologi dan agrikultur. Alhamdulilah usaha saya berkembang hingga sekarang,”terang pria yang dikenal low profile ini.

Eri juga menceritakan tentang ketertarikannya terjun berpolitik. Menurut Eri, sebelumnya ia tidak terpikir untuk menjadi seorang politisi. Semua hal ini bermula dengan diskusi antara dirinya dan teman teman sesama perantau dari Palembang di Jakarta. “Sejak 2014, tujuan kami hanya satu, bagaimana cara agar kami dapat kembali ke kampung halaman untuk berkontribusi dan membangun Sumsel agar tidak kalah maju dengan daerah lain nya di Indonesia.”

Sebagai seseorang dengan jiwa entrepreneur, ia ingin mengembangkan sumber daya manusia dan membangun ekosistem bisnis kreatif yang ada di Sumatera Selatan. “Karena pekerjaan saya sehari-hari berwirausaha, saya sering berbaur dengan masyarakat di lapangan. Banyak keluhan yang mereka sampaikan, dan semua keluhan itu saya tampung agar nantinya bisa saya analisis untuk menemukan solusi yang terbaik. Menjadi wakil rakyat artinya harus banyak mendengar, bukan berbicara. Saya juga sangat siap untuk berkolaborasi dengan Gubernur demi membangun Sumatera Selatan menjadi lebih baik,” katanya.

Kondisi demikian, membakar semangatnya untuk terjun ke dunia politik apalagi adanya dorongan dari masyarakat untuk maju menjadi wakilnya di parlemen Sumsel. “ Tujuannya, agar bisa mengawal dan menindaklanjuti apa yang telah diaspirasikan oleh masyarakat,” ujar pria yang kerap aktif di organisasi kepemudaan saat mengenyam pendidikan mulai dari SMA hingga perguruan tinggi ini.

Agar bisa masuk bursa pencalonan, dirinya pun maju menjadi caleg Provinsi Sumatera Selatan dari partai Hanura  Dapil Palembang 2. Wilayah pemilihannya Kecamatan IT I, IT II, IT III, Sako, Kalidoni, Sematang Borang, Sukarame dan Alang lang Lebar. “Saya ingin memaksimalkan kontribusi generasi muda untuk kemajuan rakyat Sumsel, terutama Kota Palembang. Untuk itu saya dengan segala kerendahan hati mengharapkan dukungan dari masyarakat Palembang agar dapat bahu membahu membangun Sumatera Selatan,” terangnya

“Saya ingin membangun Sumsel agar bisa kembali ke era kejayaan yang dulu dicapai oleh kerajaan Sriwijaya. Untuk itu saya berharap agar kita semua dapat berkolaborasi, karena saya yakin dengan jiwa gotong royong dan semangat Pancasila lah kita dapat kembali ke masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Oleh karena itu, kita adalah generasi muda yang harus menjadi penggagas perubahan. Kita adalah Generasi Sriwijaya.”, tutup Eri sembari menutup diskusi kami pada malam itu.(sep)

BIODATA

M. Noverian Aditya-Putra

Tempat Tanggal Lahir: Palembang, 4 November 1994

Status: Belum Menikah

Tinggi / berat badan: 175cm/80kg

Agama: Islam

Anggota keluarga:

H. Roliansyah Basnan

Hj. N.A. Ernawati

M. Isfan Deriandra

Nadhira Milha Addiba

M. Irza Syahiandra

RIWAYAT

PENDIDIKAN

• TK Nusa Indah, 1998-2000

• SD Yayasan IBA, 2000-2006

• SMP Kusuma Bangsa, 2006-2009

• SMA Presiden Bekasi, 2009-2012

• Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi and Bisnis, Jurusan

International Business Management, 2012 – 2016

• Korea University Business School, Jurusan International Marketing.

PENGALAMAN

• CBSC Korea, 2015, Barista & International Sales Representative

• Ruang Seduh Kemang, 2015 – 2017, Head Barista & Quality Assurance Manager

• Unistellar Ventures, 2017, Venture Management Associate

– Hypernet Indonesia, Asst. Manager of Marketing and Branding

– Boombastis Media, Partnership Manager

– Unistellar Talent Solutions, Director of Talent Acquisition & Development

– Sucofindo Advisory Utama, Business Development Project Consultant

• Bayupatria Group, 2016 – sekarang, Direktur Operasional

• Mookie Indonesia, 2017 – , Pemilik

• Canephora Indonesia, 2017 – sekarang, Pemilik

• Java Kirana Estate, 2017 – sekarang, Co-Founder & Chief Operation

Officer

• AshaTech, 2017 – sekarang, Co-Founder & Commisioner

• Kopi Kolektip Project 2017 – sekarang, Co-Founder & Chief Business

Development Officer

• Koperasi Inti Konservasi Alam 2018 – sekarang, Bendahara

Aktivitas Siswa:

• Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Internasional, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

•Anggota Keluarga Mahasiswa Sriwijaya Universitas Indonesia

• International Artists Liaison Officer, 37th Jazz Goes To Campus.

• Videography Director, 36th Jazz Goes To Campus.

• Accommodation Team Leader, The 8th PROMS MSS FEBUI.

• Senior Liaison Officer, The 13th ICMSS MSS FEBUI.

• Finalis LG International Business Plan Competition di Seoul, Korea

Selatan.

• Direktur Keuangan TOSKA KEMAS UI 2014.

• Wakil Ketua Dewan Kehormatan Siswa SMA Presiden

• Petugas Kedisiplinan Siswa SMA Presiden

• Member of Student Representative Council SMA Presiden

LEAVE A REPLY