Daniel Zhang, Sosok Pengganti Jack Ma Pimpin Alibaba

0
392

RADAR PALEMBANG – Jack Ma akhirnya resmi mengundurkan diri. Adalah Daniel Zhang yang menggantikan pucuk kepemimpinan perusahaan raksasa teknologi Alibaba. Memegang tongkat kepemimpinan sebagai Chairman Grub Alibaba selama 20 tahun, Jack Ma akhirnya resmi mengundurkan diri. Adalah Daniel Zhang yang menggantikan pucuk kepemimpinan perusahaan raksasa teknologi Alibaba.

Daniel diketahui sudah bergabung dengan anak usaha Alibaba, Taobao Marketplace (Mall) sebagai kepala keuangan sejak 2007 silam.

Pria berusia 47 tahun ini merupakan penggagas festival belanja online terbesar di dunia 11.11 atau dikenal sebagai Single Day. Acara itu juga yang membuat Taobao Mall berkembang pesat menjadi salah satu unit bisnis penting di Alibaba Group.

Tak hanya sampai di situ, sejak mendapat kepercayaan memegang jabatan sebagai Chief Executive Officier (CEO) Alibaba Grup pada tahun 2015, Daniel kembali membuat Alibaba menjadi-jadi di tangannya.

Pria kelahiran Shanghai 11 Januari 1972 itu menempuh pendidikan di Shanghai University of Finance and Economics. Daniel dikenal sebagai sosok pemimpin yang penuh energi, santun, pendiam dan rendah hati. Berbeda jauh dengan Jack Ma yang flamboyan dan suka berbicara.

Daniel yang memiliki julukan Xiaoyaozi atau bebas tidak terkekang ini tak bisa diremehkan, ia dianggap media di Tiongkok sebagai sosok yang membuat Alibaba sekecil traktor menjadi sebesar dan cepat laiknya Boeing 747.

Daniel menjabat sebagai Chairman Grub Alibaba selepas Jack Ma mengundurkan diri di tanggal ulang tahunnya ke-50 pada Selasa 10 September 2019. Bersamaan dengan pamitnya Jack Ma, acara megah digelar di salah satu stadion di Kora Hangzhou, China bersama Alibaba Group. Jack Ma beralasan berhenti sebagai chairman di perusahaan yang didirikannya karena ingin fokus menjadi filantropis di dunia pendidikan. (*)

LEAVE A REPLY