Coger Om Del, Ngopi Sepuasnya Bayar Seikhlasnya

0
356

RADAR PALEMBANG –  Kehadiran cafe Coger Om Del (COD) dengan konsep sederhana namun mewah dapat memberikan angin segar bagi penikmat kopi yang ada di Kota Palembang. Cafe yang baru saja menggelar soft opening, Jumat malam (18/9) lalu ini, tampil beda dan memiliki daya tarik tersendiri

Dari pintu masuk cafe yang berlokasi di Jalan Mayor Salim Batubara tepat di belakang Bakmi Jowo Timbul Roso ini tersedia tempat mencuci tangan menggunakan sensor sehingga pengunjung tidak perlu menyentuh kran pemutar air. Suasana nyaman  juga terasa pada saat memasuki cafe yang memiliki kapasitas 200 orang ini, dimana terdengar gemercik air dari pancuran yang berada di halaman cafe yang memiliki suasana terbuka sehingga membuat pengunjung merasa betah untuk menikmati kopi. Belum lagi lampu-lampu dan kursi yang sengaja didesain khusus serta alunan lagu yang dilantunkan oleh sekumpulan anak muda kreatif  membuat suasana cafe menjadi lebih hidup.


Deliar Marzoeki, pemilik COD yang biasa disapa Om Del mengungkapkan, semua ide berawal dari sang keponakan yang sudah terlebih dahulu membuka Coger di kawasan Maguwo,Yogyakarta.

”Saya tertarik karena Coger ini konsepnya syariah dan lebih mengedepankan kekeluargaan dan nilai-nilai agama, dimana semua ini saya lihat langsung. Memang Coger ini bisnis waralaba, namun yang lebih diutamakan adalah penikmat-penikmat kopi dapat ditempatkan di tempat yang layak,” tuturnya saat dibincangi di sela peresmian cafe.

Coger sendiri tidak hanya ada di dalam negeri, namun Coger yang dijalankan oleh Ketua Mualaf Center Indonesia, Koh Steven dan rekan-rekan di pusat sudah menjelajah hingga ke negeri Jepang. Diakui Om Del. Coger berbeda dengan waralaba lainnya dimana Coger tidak mementingkan keuntungan, terbukti harga yang ditawarkan hanya Rp15.000 dan Coger juga menganut prinsip yang sangat mulia yakni “Minum sepuasnya, bayar seikhlasnya”

“Biasa sistem waralaba ini adalah setiap bulan bagi hasil, tapi Coger berbeda, tetap dilafazkan 10 persen, namun manajemen Coger meminta untuk disedekahkan atas nama ibumu atau siapa yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu,” terangnya.

Ditambahkan pria yang mempunyai hobi wisata kuliner ini, ia sengaja membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Palembang. Selain itu para pekerja juga diberikan pemahaman tentang kopi dan dibimbing langsung selama 1 bulan penuh.

Sementara Abil, Trainer di Coger Pusat, Coger memberikan pelatihan atau training bagi barista di seluruh cabang tanpa ada biaya selain  pembelian bahan yang akan dipergunakan oleh barista itu sendiri.

“Kami tidak menetapkan jasa training harus bayar sekian, cukup membayar biaya bahan saja. Koh Steven pernah bilang Otak ini dari Allah, semua pengetahuan dari Allah  kalian mau membagikan ilmu kalian patok harga, sementara yang beri ilmu tidak kasih harga, cukup kalian berbagi ilmu seikhlasnya, kalau memang rezeki kalian, akan didapatkan dari sumber yang lain,” jelasnya.

Tidak dipungkiri, lanjut Abil, banyak masyarakat mempertanyakan mengenai keuntungan yang didapat dengan bayar seikhlasnya. Menurut ia, hal ini bisa diatasi dengan keyakinan rezeki itu semua dari Allah.

“Kadang ada customer yang bayar Rp2.000, Rp3.000, tapi Alhamdulillah, ada aja yang bayar lebih kadang sampai Rp500 ribu,” ungkapnya.

Cafe COD menyajikan berbagai menu minuman mulai dari coffee base seperti Americano, Brazilian Ice, Bon Crema,V60, dan fresh juice antara lain Strawberry Candy, Cho’ mello, Cho’ nana, Le’manggo. Untuk makanan tersedia aneka dim sum, mi goreng, nasi goreng, termasuk makanan khas Palembang seperti model dan tekwan serta sistang (sosis dan kentang.

“Semua menu yang kami sajikan mulai dari harga terendah yaitu ucapan Terima Kasih hingga unlimitted,” ucapnya bijak.

Selain itu, cafe COD juga menyediakan berbagai fasilitas mulai dari WiFi gratis, colokan listrik hampir di semua tempat duduk, dan live music. Cafe COD buka mulai pukul 16.00 hingga 24.00 WIB. (hen)

LEAVE A REPLY