Ciptakan Moment Berjualan!

0
521

RADAR PALEMBANG –MARKPLUS kembali menggelar Indonesia Marketeers Festival di Kota Palembang. Tema yang diangkat kali ini bagaimana meningkatkan sales untuk membuat brand perusahaan jadi lebih apik.

Dari paparan yang dilakukan setidaknya ada lima hal yang oerlu dilakukan agar penjualan produk bisa menjulang tinggi. Tantangan dunia usaha semakin dinamis, menghadapi itu Indonesia Marketeteers Festival (IMA) mengelar roadshow di 17 kota di Indonesia yang mengangkat mengenai seputar dunia Sales, Sales Promotion Breakthrough, 5 Gebrakan Penjualan 2019, Sales Naik, Brand Apik.

Ekslusif fasilitator markplus institut, Anang Supardi mengatakan meningkat penjualan 2019, harus gencar melakukan sales promotion. Tapi awas jangan hanya diskon karena masih banyak strategis atau gebrakan yang bisa dilakukan agar sales naik plus nama brand anda tetap apik.

“Lima gebrakan yang membuat sale meningkat pertama gebrakan benefit, bonus dan bundling. Setelah itu ada flexi flash dan free. Ketiga ada co brand, collab dan cross – sell. Kemudian experience, engage dan endorse terakhir limited loyal dan lucky,”jelasnya.

Dunia marketing perlu gebrakan karena zaman sekarang sudah berbeda sebab FUCA dunia marketing  sangat dinamis mulai  perubahan ekonomi, budaya, regulasi dan lain. “Orang marketing harus tahu soal ini,” katanya.

Ia mencontohkan, perbankan ini dulu lawannya perbankan konvensional sekarang tidak hanya itu tetapi ada ovo, go play dan dana. “Nah, ini harus mengikuti perkembangan zaman kalau tidak akan mati, sebab konsumen tidak beli produk tetapi pelayanan.”

Lanjutnya, menghadapai Fuka dengan DAMO (discovery new opportunity, adventure, momentum dan outlook 4 C atau pahami pasar). Tapi paling penting tahun ini adalah momentum untuk dimanfaatkan sehingga sales naik.

Dikatakan, momentum kecil,sedang dan besar. Momentum itu  ada dengan sendirinya atau diciptakan.

“Nah, momentum itu harus diciptakan dan ini lewat inovasi dan kreativitas. Jualan jangan menunggu momentum dari luar tetapi menciptakan,”kata dia.

Palembang merupakan kota ke 12 setelah Balikpapan, Batam, Pontianak, Pekanbaru, Lampung, Solo, Banjarmasin, Manado Semarang, kendari dan Medan.

Terkait kegiatan, ia mengatakan, kegiatan selain seminar di 17 kota dan Palembang merupakan kota ke-12, sebelumnya Makassar, Batam, Pontianak dan daerah lainnya. Lewat ini untuk meng-upgrade dengan pengetahuan baru dunia marketing. “Kami juga memilih  marketing of the year baik lokal maupun nasional,” jelasnya. (iam)

 

LEAVE A REPLY