Cegah Corona, Pemkot Palembang Siapkan 50 Wastafel di Tempat Umum

0
127

RADAR PALEMBANG– Salah satu upaya pencegahan dasar Virus Corona atau Covid-19 adalah dengan rajin mencuci tangan secara detail dan menyeluruh. Maka, untuk memudahkan masyarakat, Pemerintah Kota Palembang memasang 50 wastafel di tempat umum seperti pasar tradisional dan lainnya.

Dirut PDAM Tirta Musi Andi Wijaya mengatakan, seringnya mencuci tangan sebagai anjuran bagi seluruh masyarakat. Sehingga agar anjuran itu diterapkan, pemerintah memberikan kemudahan memasang wastafel di tempat umum.

“Sementara ini baru 20 titik di pasar tradisional, di bawah Jembatan Ampera dan beberapa titik lainnya. Sisanya langsung menyusul dalam waktu dekat,” katanya, Senin (23/3).

Wastafel tersebut dipasang lengkap dengan drum besar sebagai penampung air. PDAM memastikan ketersediaan air akan tetap terjaga. Pihaknya meminta masyarakat untuk bijak menggunakan alat ini untuk mencuci tangan saja. Ia juga meminta masyarakat untuk ikut menjaga wastafel itu,” jelasnya.

Sementara itu Virus Corona menular lewat droplet atau cairan tubuh yang keluar saat batuk atau bersin. Selain tertular karena menghirup droplet ketika berada dekat dengan orang yang terinfeksi, seseorang juga bisa tertular Virus Corona lewat tangan sebagai media penularan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Ayus Astoni mengatakan, masyarakat harus rajin mencuci tangan, menerapkan perilaku hidup sehat.  Hal ini agar setiap orang terhindar dari paparan Virus Corona. Masyarakat juga sudah diminta untuk menerapkan karantina diri atau tidak dulu mendatangi keramaian jika tidak perlu.”Pemasangan wastafel adalah salah satu cara saja, selebihnya warga bisa memanfaatkan mencuci tangan setidaknya dalam 20 detik dengan detail,” ujarnya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, selain memasang wastafel, pihaknya juga sudah melakukan penyemprotan jalan protokol dengan disinsfektan. Selain itu, penyemprotan tempat umum lainnya oleh 100 sukarelawan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Palembang.  “Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, serentak melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona,” katanya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Palembang Affan Prapanca Mahali mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan di tiga kecamatan guna  sterilisasi untuk membunuh Virus Corona ini dilakukan di tempat-tempat publik seperti  pasar tradisional, taman terbuka kantor pemerintahan, dan tempat publik lainnya.

“Petugas yang kita sebar sebanyak 100 orang ini, dilengkapi alat pelindung diri (APK) dan sebelumnya telah menjalani pelatihan cara penyemprotan untuk pencegahan Covid 19 ini,” kata Affan.

Adapun tiga kecamatan yang akan dilakukan penyemprotan ini, meliputi kecamatan, Kecamatan Ilir Timur I, Ilir Timur II dan Seberang Ulu II. “Nanti selaian didampingi petugas dari kita, penyemprotan ini juga akan didampingi pihak kecamatan, setiap tim dibagi 30 orang,” pungkasnya.(spt)

 

 

LEAVE A REPLY