Separuh Calon Mahasiswa UIN Raden Fatah Tak Registrasi Ulang

0
1884

 

 

RADAR PALEMBANG  – Proses penerimaan  calon mahasiswa (cama) baru Universitas Islam Negeri  Raden Fatah Palembang untuk jalur UM-PTKIN 1.684 calon mahasiswa dinyatakan lulus. Dari tiga jalur seleksi yang sudah dilaksanakan, 50 persen mahasiswa yang dinyatakan lulus tidak melakukan registrasi ulang dinyatakan gugur.

Melalui jalur SPAN-PTKIN hanya 219 orang yang registrasi dari jumlah mahasiswa lolos sebanyak 925 orang. “Untuk jalur SBMPTN dalam proses registrasi sehingga jumlahnya belum bisa diketahui,”ujar Fahruddin Mkom Kepala Pusat Teknologi, Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPAD) UIN Raden Fatah, saat ditemui diruang kerjanya. Senin (27/7).

Dari hasil tersebut semua mahasiswa baru dari beberapa jalur seleksi ada beberapa program studi (prodi) terdapat 1 orang yang melakukan registrasi yakni Prodi Perbandingan Agama di Fakultas Ushuluddin dan Politik Islam di Fakultas jauh dari kata cukup sebab ada 80 kursi yang disediakan di kedua prodi tersebut. “Kuota calon mahasiswa yang tidak registrasi ulang ini kita alihkan ke jalur UM-PTKIN dan ujian mandiri,” ujarnya.

Ia menambahkan, kuota kedua jalur seleksi tersebut bertambah, sebelumnya sekitar 200 orang kini meningkat menjadi 432 orang. “Sekarang kita sedang menerima mahasiswa baru untuk jalur USM dengan sistem ujian CBT (computer based test),” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) UIN Raden Fatah Palembang Mirwan Pasta mengatakan, menurutnya minimnya calon mahasiswa melakukan registrasi diduga jurusan yang diterima tidak sesuai dengan keinginan peserta. “Pendaftaran jalur tanpa tes memang didominasi oleh sekolah untuk menaikan pamor, risikonya banyak calon mahasiswa tidak registrasi ulang,” katnya.

“Kuota mahasiswa baru UIN Raden Fatah sebanyak 3.070, rinciannya SNMPTN ada 430 orang, SPAN PTKIN 925 orang, SBMPTN 477 peserta, UMPTKIN ada 1684 orang dan ujian mandiri ada 432 orang.

“Kami sudah mensiasati peserta yang lulus lebih banyak, namun calon mahasiswa yang registrasi masih di bawah 50%. Karena itulah, kuota ini kami alihkan untuk jalur UMPTKIN dan jalur mandiri,”pungkasnya. (hry)

LEAVE A REPLY