Bupati OKUT Dianugerahi Duta SAR

0
268

RADAR PALEMBANG – PERHATIAN dan respons cepat dari Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi dalam penanggulangan bencana, membuat Badan SAR Nasional (Basarnas) Sumsel menganugerahi HM Kholid Mawardi SSos MSi sebagai Duta SAR Provinsi Sumatera Selatan.

Penyematan tanda kehormatan sebagai Duta SAR ini dilakukan langsung oleh Ketua Basarnas Sumsel Heri Marantika SH MSi di ruang Bina Pemkab OKU Timur, kemarin (9/7).

Menurut Heri, anugerah Duta SAR tidak melekat pada jabatan, tapi melekat pada personal. “Dengan diaugerahkannya Duta SAR kepada Pak Kholid, maka Pak Kholid resmi keluarga besar Basarnas Sumsel. Anugerah Duta SAR ini tetap melekat pada Pak Kholid walaupun nantinya Pak Kholid tidak lagi menjadi Bupati, karena Duta SAR ini melekat pada personal,” ujar Heri.

Adapun pertimbangan dianugerahkannya Duta SAR kepada Bupati OKU Timur Kholid menurut Heri, melalui beberapa kriteria mulai sisi spritual, kemanusian, dan respons terhadap lingkungan serta terobosan-terobosan yang telah dilakukan. “Anugerah Duta SAR ini di Sumsel merupakan yang kedua, pertama diberikan kepada Sultan Mahmud Iskandar Badaruddin dan kedua kepada Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi. Anugerah Duta SAR ini lebih tinggi dari warga kehormatan,” jelasnya.

Pada kesempatan itupula, dilakukan penandatangan MoU penyerahan 10 orang BKO personel untuk dididik menjadi calon Basarnas serta penyerahan hibah lahan kepada Basarnas Sumsel untuk dibangun kantor Perwakilan Basarnas OKU Timur.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, sebagai daerah yang lokasinya sangat strategis bagi tiga kabupaten terdekat, OKU Timur harus siap siaga, karena bencana datang bisa kapan saja. Sehingga sangat tepat jika di OKU Timur dibangun kantor Perwakilan Basarnas Sumsel yang membawahi 4 kabupaten yaitu OKU Timur, OKU, OKU Selatan, dan OKI.

Alhamdulillah, kerja kita selama ini dalam menanggulangi bencana dengan personel kita yang terlatih dan perhitungan tercepat mampu memberikan pertolongan pertama pada setiap bencana, hari ini saya dianugerahi sebagai Duta SAR,” ujar Kholid. (awa)

 

LEAVE A REPLY