Bulog Tambah Pasokan Daging

0
1116

 

RADAR PALEMBANG, Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, kembali mendatangkan pasokan daging beku impor. Penambahan ini sebagai langkah Bulog untuk memnuhi permintaan daging sapi yang mulai meningkat di masyarakat.

Kepala Bulog Divre Sumsel dan Babel, Bakhtiar mengatakan, Selasa (6/6), sebelum Ramadan lalu, pihaknya sudah mendatangkan daging kerbau impor dari India sebanyak 2 ton. Alhasil, sambutan masyarakat cukup antusias, apalagi harga yang ditawarkan relatif jauh lebih murah dari harga daging di pasaran saat ini. “Nah ini kami datangkan lagi sebanyak 4.000 kilogram atau 4 ton. Masing-masing 2 ton daging kerbau impor India, dan daging sapi asal Australia,” kata dia.

Dikatakanya, pola penjualan yang dilakukan Bulog juga langsung mendatangi sejumlah titik pasar tradisonal. Seperti Pasar Cinde, KM 5, dan Lemabang. Hal ini bertujuan sebagai salah satu upaya dapat menekan harga daging sapi yang terbilang masih cukup tinggi saat ini. “Makanya kami menjual dengan harga Rp 80 ribu per kilogram,” katanya.

Tingkat konsumsi masyarakat di pertengahan Ramadan ini juga terbilang meningkat. Dari catatan Bulog, rata-rata penjualan daging beku impor ini mencapai 200-300 kilogram.”Tidak menutup kemungkinan saat menjelang Lebaran nanti akan kembali mengalami lonjakan permintaan yang signifikan,” katanya.

Selain komoditi daging, Bulog juga menambah pasoka bawang. Baik bawang putih maupun bawang merah. Untuk bawang putih, pihaknya baru saja menambah kembali pasokan sebanyak 10 ton dari gudang Bulog DKI Jakarta, saat ini sudah mulai didistribusikan. “Sementara untuk bawang merah besok (hari ini, red) rencana baru akan masuk sebanyak 1 ton dari Solok, Sumatera Barat,” katanya.

Untuk itu, ia meminta kabupaten/kota lain untuk bersabar karena Bulog berencana membaginya secara merata. Hal ini untuk merespon keluhan sejumlah kabupaten yang tidak kebagian saat pasokan pertama.

Bulog menargetkan dengan pasokan tambahan ke pasar membuat harga kembali normal kisaran Rp38.000/kg. Sementara saat ini harga masih tinggi yakni berkisar Rp52.000-Rp60.000/kg.

Harga Pasar Rp 130 Ribu Perkg

Terpisah, Junaidi pedagang daging di Pasar Cinde Palembang mengatakan, Selasa (6/6), menjual daging di kisaran Rp 130 ribu per kilogram. Hal tersebut menurutnya dilakukan karena modal yang dikeluarkan masih cukup tinggi. “Belum ada tanda-tanda kalau akan menurun, justru diprediksi bias naik lagi harganya,” katanya.

Meski demikian, dirinya juga berharap agar harga daging dapat berangsur pulih dengan harga ideal sekitar Rp 90 ribu sampai Rp 100 ribu. Dengan demikian pendapatan yang diterima pedagang daging diharapkan dapat kembali membaik. “Sejak harga tinggi pendapatan jauh menurun,” katanya.

Senada, pedagang bumbu masak di Pasar Alang-Alang Lebar, Marni mengatakan, masih menjual bawang putih dengan harga Rp60.000/kg karena ia masih memiliki stok lama. “Harganya masih terbilang tinggi meskipun sudah berangsur turun sejak awal Ramadan,” katanya. (tma)

LEAVE A REPLY