Bukit Disulap jadi Taman Wisata yang Indah

0
427
wartawan koran ini berpose disalah satu pohon tertua di taman wisata ini

 

RADAR PALEMBANG Jalan Jalan ke Tiongkok(2)

 

 Kota Nanning, ibu kota Provinsi Guangxi Zhuang, China, terdiri dari berbagai perbukitan yang disulap menjadi sebuah taman wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Salah satunya Taman Qingxiu. Apa dan bagaimana Taman Qingxiu? Berikut penelusurannya.

 

 

M ASIF ARDIANSYAH – TIONGKOK

 

TAMAN Qingxiu sepintas mirip dengan hutan wisata Punti Kayu Palembang karena letaknya sama yakni tepat berada ditengah-tengah kota Nanning ibukota provinsi Guangxi Zuang.

Tiba dipintu gerbang taman ini awak media bersama tim pemandu langsung disambut hangat pegawai taman Qingxiu yang ramah-ramah dan langsung menawari untuk masuk ke taman.

Setelah membayar tiket masuk dengan nomimal sekitar 20 yuan (Rp 44 ribu), pegawai taman wisata juga menawari untuk naik mobil listrik dengan biaya sekali putaran sekitar 15 yuan (Rp 33 ribu) untuk mengelilingi taman wisata.

Menyusuri taman wisata pengunjung langsung disuguhi pepohonan rindang dan berbagai jenis tanaman yang berbaris rapi yang berbeda sekali dengan hutan wisata punti kayu yang hanya memiliki 1 jenis tanaman yakni pohon pinus.

“Ada 7 ribu jenis tanaman termasuk aneka jenis tanaman anggrek yang indah-indah ditaman ini,”ungkap Simon, pemandu wisata saat awak Media dari Palembang diajak jalan jalan oleh Konsulat Jenderal China wilayah Sumatera di Medan mengunjungi 2 provinsi yang ada di negara Tiongkok

Selain itu, ada juga jenis tamanan yang usianya kurang 1.300 tahun. “Dipohon ini banyak wisatawan datang untuk berpoto karena ada mitos siapa yang berpoto di pohon ini akan panjang juga usainya,”kata simon yang juga dosen Bahasa Indonesia di Universitas Kebangsaan Guang Xi.

Perjalanan menuju puncak bukit terasa rindang dan asri serta menyenangkan karena disambut kicauan berbagai jenis burung. Selain itu, ada berbagai jenis patung yang sangat khas sebagai budaya China.

Perlu waktu 15-20 menit untuk sampai ke puncak bukit dengan menggunakan mobil listrik. Sebelum menuju puncak disediakan tempat khusus untuk berpoto-poto dengan latar belakang Kota Nanning. Awak Media ditempat ini sangat terpesona dengan pemandangan kota Nanning dengan banyaknya gedung pencakar langit yang tinggi diselingi pepohonan yang rindang.

Di puncak bukit terdapat kelenteng Kwan Im namun sebelum menuju puncak terdapat juga kuil milik warga Thailand. “Kedua tempat ibadah ini sangat ramai saat Imlek dan ulang tahun dewa banyak warga Nanning dan wisatawan berdoa dan sembahyang ,”ujarnya.

Perjalanan turun sedikit berbeda dengan perjalan menuju puncak bukit yang sangat rindang oleh pepohonan. Menuruni puncak bukit, pengunjung akan disambut hamparan lapangan hijau yang sangat luas dan aneka tanaman hias warna warni disepanjang jalan.

Lapangan itu makin terlihat indah dengan beberapa batu besar yang ada di atasnya. Dilapangan ini saat awak media ini kesini lagi ramai karena banyak perusahaan perusahaan di kota Nanning sedang melakukan outbond. Ada juga beberapa danau kecil yang menyambut pengunjung selama perjalanan turun.

Pemerintah Kota Nanning sangat maksimal dalam membangun taman kota untuk warganya. Di beberapa sudut taman terdapat kantor pelayanan kesehatan dan pemadam kebakaran yang bersiaga untuk pengunjung. Taman Qingxiu hanyalah satu di antara taman besar yang ada di berbagai perbukitan Kota Nanning.“Pemerintah di sini itu sangat memanjakan taman untuk warganya. Qingxiu ini hanya salah satu saja, yang lebih besar dari ini masih ada lagi,” kata simon(*/bersambung)

 

LEAVE A REPLY