BSB Rampungkan Kegiatan Manasik Haji

0
708

RADAR PALEMBANG – Unit Usaha Syariah Bank Sumsel Babel mendapat limpahan dana haji dari bank konvensional Rp200 miliar. Sementara khusus untuk produk tabungan haji, tahun ini memberikan sumbangsi dana Rp15 miliar.

Direktur Operasional BSB Mertolihan di dampingi Pimpinan UUS Saekan Noer mengatakan, saat ini total nasabah tabungan haji BSB berkisar 41 ribu jamaah tersebar di Sumsel dan Babel. Jumlah ini kemungkinan besar akan terus bertambah setiap tahun, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berangkat haji.

“Kami masih mencatat bank dengan nasabah haji terbesar. Kebanyakan nasabah yang berangkat haji tahun ini menggunakan produk tabungan Tasbih. Nasabah kami akan mulai masuk asrama haji 1 September mendatang,” katanya usai penutupan manasik haji BSB Selasa (12/8).

BSB memang setiap tahun rutin mengadakan pelatihan manasaik haji untuk semua jamaah yang akan berangkat menggunakan tabungan tasbih. Semua rangkaian keberangkatan haji dilakukan pelatihan, mulai dari proses masuk asrama, kegiatan selama diasrama, kegiatan selama perjalanan di pesawat hingga sampai di mekkan.

“Amalan, rukun, dan wajib haji juga dilatih selama manasik. Sebab, kami sudah mendatangkan orang ahli untuk memberikan pembekalan bagi jamaah agar ketika menjalankan haji tidak kesulitan lagi,” ujarnya.

Bagi BSB, kata dia, tabungan haji bukan hanya sebagai fasilitas penunjang bisnis perusahaan, namun sebagai sarana untuk beribadah. Sebab, semua jamaah yang berangkat haji menggunakan jasa BSB, maka akan diberikan pembekalan terlebih dahulu secara gratis. Tim yang didatangkan pun tidak tanggung, semuanya tim ahli yang sudah berpengalaman. “Dari layanan prima yang kita berikan, makanya bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yang ingin berangkat menunaukan ibadah haji,” ujarnya.

Tahun ini, tabungan haji BSB mampu menyumbang dana Rp15 miliar. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 20 persen dari tahun lalu. Makanya pihaknya optimis hingga akhir tahun nanti, bisa tumbuh minimal 30 persen.

Untuk melancarkan program manasik haji ini, BSB sudah menggandeng Kemenag, Dinas Kesehatan, Garuda Indonesia, dan tim lain terkait termasuk ulama yang bertugas untuk memberikan pengarahan mengenai tatacara pelaksanaan haji. (iam)

LEAVE A REPLY