Perhari, Penukaran Uang di BSB Prabumulih Capai Rp 400 Juta

0
1048

 

RADAR PALEMBANG – Penukaran uang di Prabumulih semakin meningkat menjelang lebaran. Tercatat masyarakat yang menukarkan uangnya menjadi pecahan kecil mencapai Rp 300 juta – 400 juta per hari.

Hal itu diungkapkan  Pimpinan Bank Sumsel Babel (BSB) Faisal Fachrulrozi melalui Koodinator Kas Titipan Dwi Puspita Sari, (30/6).
Menurutnya, Pihak BSB telah menyiapkan setidaknya  Rp 12 miliar untuk keperluan penukaran uang,

“Sekarang sudah meningkat, mulai dari tiga bulan belakangan ini, total transaksi setiap harinya dapat Rp 300 juta – 400 juta per hari. Jadi kalau ditotalkan perbulan sebesar Rp 1,8 Miliar penukaran uangnya, dan itu hanya di Prabumulih saja, karena itu penukaran uang di Prabumulih termasuk tinggi,” katanya.
Dia menuturkan hal itu wajar karena menjelang lebaran banyak warga yang membutuhkan uang kecil, “Kalau keperluannya kita kurang tahu, tapi biasanya mereka menukarkan uang kecil untuk keperlua lebaran, baik untuk salam temple, belanja lebaran, atau untuk keperluan lainnya, “Ujarnya pada Radar Palembang.

Ia juga mengatakan  melihat tren tingginya penukaran uang yang terjadi maka pihaknya berencana akan kembali mengajukan tambahan ke pihak Bank Indonesia. BSB membatasi penukaran uang , namun begitu antara masyarakat biasa dan nasabah tidak ada perbedaannya, “Semua kita perlakukan sama, masing-masing orang perpecahannya hanya sampai 100 lembar sekali transaksi setiap harinya, tapi dia boleh mengambil pecahan yang berbeda, misalkan pecahan Rp 20 ribu seratus lembar, ditambah pecahan Rp 5 ribu seratus lembar, hanya setiap pecahannya saja yang kita batasi,” katanya.
Disinggung untuk penukaran uang apakah ada jalur khusus, dia mengatakan untuk saat ini belum, karena masih bisa diatasi, “Tapi kalau padat kita akan berlakukan jalur khusus penukaran uang, supaya tidak menganggu nasabah biasa yang akan bertransaksi. Sekarang cukup lewat nomor antri biasa,  memang sekarang cenderung meningkat tapi masih dalam batas normal,” ujarnya.
Sementara itu Purwanti (42), sengaja datang ke bank  untuk menukarkan uang, “Memang untuk nukarkan uang, untuk salam lebaran, lebih baik tukarnya sekarang sebelum antre panjang, karena kalau dekat-dekat lebaran, biasanya lama antri, dan memang biasa nukar di BSB, karena kan ngambil gaji juga disini,”Pungkas PNS Pemkot Prabumulih ini.(wan)

LEAVE A REPLY