Bronjong Amblas Terus Bertambah

0
681

 

RADAR PALEMBANG- Tingginya intensitas hujan yang terus mengguyur wilayah OKU Timur membuat sungai Komering meluap. Akibatnya arus deras sungai Komering semakin mengganas hingga mengakibatkan beberapa titik bangunan bronjong penangkis sungai Komering yang amblas dan ambrol semakin bertambah.

Diduga karena tidak mampu menahan terjangan arus deras sungai Komering, bronjong tersebut amblas dari atas hingga melorot ke dasar sungai lalu hanyut terbawa arus. Bronjong penangkis yang terletak di tebing grinding, Desa Negeri Ratu, Kecamatan Bunga Mayang itu kondisinya memang curam.

Letaknya di tikungan jalan poros, penghubung Kabupaten OKU Timur dengan OKU Selatan tepatnya 15 kilometer dari kota Martapura. Bangunan bronjong di atas ketinggian 10 meter dari permukaan sungai Komering tersebut lokasinya jauh dari pemukiman penduduk dan rawan kecelakaan.

Sebelumnya, tak jauh dari lokasi bronjong yang amblas saat ini, ada juga bangunan bronjong ambrol dengan lebar lebih kurang 10 meter dan ketinggian 10 meter yang memakan badan jalan hingga satu meter itu belum ada perbaikan.

“Jalan amblas dan bronjong yang ambruk ini terkesan dibiarkan menganga lebar tanpa ada rambu-rambu sama sekali sehingga membuat para pengguna jalan atau pengendara kendaraan harus ekstra hati-hati jika melintas di tempat itu,” ujar Suyanto (45) warga sekitar saat melintas.

Kepala Dinas PU Pengairan OKU Timur, Ir Nasrudin saat dikonfirmasi mengatakan bahwa bronjong tersebut bukan bangunan milik kabupaten. “Coba anda konfirmasi dengan pihak provinsi kemungkinan bangunan itu pekerjaan provinsi. Untuk 2015 lalu tidak ada pekerjaan bronjong yang kita bangun di lokasi itu,” ujar Nasrudin.

Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga OKU Timur,Ir Agus Sunaryo dikonfirmasi, menyarankan untuk dilakukan relokasi. “Seperti jalan provinsi di daerah Rasuan,Kecamatan Madang Suku I yang sudah berapa kali di pasang bronjong tapi masih ambrol diterjang arus sungai. Sehingga demi keamanan dilakukan relokasi saja,” ungkapnya.(awa)

LEAVE A REPLY