BPJS TK Dorong Peserta Bayar Iuran Tepat Waktu

0
637

 

RADAR PALEMBANG, – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan gencar melakukan sosialisasi iuran tepat bulan dan iuran tepat waktu serta terus bertransformasi dari pelayanan fisik ke digital melalui Sistem Informasi Pelaporan Peserta (SIPP).

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palembang, Rasidin mengatakan, SIPP memiliki ragam dan layanan digital sama persis dengan layanan fisik atau langsung

“Kegiatan ini bertujuan untuk mereview kembali program BPJS Ketenagakerjaan dan menyenergikannya bersama mitra atau peserta. Selaim itu, kita juga mengingatkan masing masing perusahaan untuk membayar iuran tepat waktu, lalu lebih kepada pemberitahuan pada perusahaan, bahwa klaim Jaminan Hari Tua (JHT) saat ini dapat diajukan melalui online, baik pengambilan nomor antrian dan pengajuan klaim JHT,” katanya disela- sela gathering bersama perwakilan perusahaan di The Zuri Hotel Transmart Palembang, Rabu (19/9).

Pada kegiatan gathering dan sosialisasi ini, BPJS Ketenagakerjaan Palembang mengundang sekitar 150 orang pengurus perusahaan yang tersebar di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan cabang Palembang, agar kemudian pengurus perusahaan ini dapat menyampaikannya kembali ke masing-masing karyawan perusahaan tempat mereka bekerja.

“Ada sistem baru cara pembayaran dan itu untuk diterapkan pada perusahaan perusahaan, cara mudah mereka bisa mencetak kartu sendiri, nggak perlu ke repot-repot datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, karena sudah ada aplikasi yang tinggal di download untuk pengurus perusahaan, itu yang kita sampaikan pada HRD di perusahaan,” katanya.

Diungkapkan Rasidin, SIPP Online, merupakan website pelaporan peserta online yang dikembangkan, sebagai alat bantu perusahaan untuk melakukan pengelolan data kepesertaan berupa data Perusahaan, data Tenaga Kerja, data upah dan penghitungan iuran secara cepat dan akurat.

“Aplikasi ini merupakan inovasi dari SIPP Desktop versi offline yang telah diperkenalkan sebelumnya,” katanya.

SIPP Online, merupakan solusi bagi perusahaan peserta, agar terhindar dari kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan informasi yang terjaga kualitas, validitas dan integritasnya.

“Untuk pengguna SIPP Desktop anda disediakan fasilitas, untuk melakukan Upload file output SIPP Desktop melalui fasilitas Upload yang tersedia,” katanya.

Ditambahkan Rasidin, mayoritas perusaahan di Palembang, sampai saat ini telah bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan juga terus melakukan edukasi dan sosialisasi, salah satunya melalui kegiatan ini, agar perusahaan yang belum bergabung nantinya untuk segera mendaftar.

“Ini undang-undang dan ini wajib, tidak perlu kami himbau lagi, bagi yang belum mendaftar, yang kami harapkan itu ada kesadaran dari pelaku usaha untuk memberikan hak- hak normatif untuk karyawan yang bekerja pada perusahaan mereka,” katanya.(tma)

LEAVE A REPLY