BNI Direct Khusus PNBP

0
1712
foto :Logo BNI

PALEMBANG, RP – CEO BNI Regional Palembang Siwi Peni mengatakan, layanan BNI direct merupakan fitur yang dihadirkan bagi konsumen untuk melakukan pembayaran secara online. Untuk layanan BNI direct sudah lama, namun untuk fitur khusus untuk layanan pembayaran PNBP secara online sudah aja sejak tahun lalu.
“BNI Sudah bekerjasama dengan Kemenkumham, dan hampir semua wilayah sudah menggunakan fitur ini dan sudah bekerjasama dengan BNI. Layanan pembayaran PNBP ini lebih diefektifkan untuk mempermudah para notaris melakukan pembayaran PNBP pidusia,” jelas dia.
Selain itu, BNI direct juga bisa digunakan untuk akses pembayaran lainnya, mulai dari angsuran,listrik, air dan transaksi lainnya. Kemajuan teknologi memang perlu diterapkan pada semua sisitem termasuk layanan pembayaran PNBP, sebab teknologi merupakan bagian dari layanan perbankan yang tujuannya untuk mempermudah.
“Jika notaris harus membayara pidusia melalui kantor tentu harus antri cukup lama, petugas yang melayani customer di kantor terbatas, namun jika melakukan akses via online tentu bisa dilakukan dimana saja termasuk ketika duduk santai dirumah tinggal yang disiapkan akses internet saja,” terang Siwi.
Semurut Siwi, layanan e-payment BNI direct ini juga memiliki tujuan bisnis. “Sebab selain layanan yang kita berikan kita juga mengharapkan ada dana yang mengendap dan mendaptkan fee based income melalui layanan elelktronik banking,” ungkapnya.
Ditempat yang sama Achmad Syarifudin ketua ikatan notaries mengungkapkan, saat ini baru BNI yang mendapatkan kepercarcayaan sebagai bank yang memiliki akses pembayaran PNBP pidusia, namun selama ini terkendala layanan. Ketika notaris mau melakukan pembayaran PNBP pidusia di BNI membutuhkan waktu yang lama.
“Jika melakukan pembayaran di kantor depan IP pada hari biasa bisa dari pagi sampai sore. Namun notaris sempat tertolong waktu ketika melakukan pembayaran sabtu dan minggu di kantor cabang pembantu BNI yang ada di PS Mall, disana waktu pembayaran relatif cepat, sebab untuk layanan di teller atau CS sepi, makanya bisa dimanfaatkan untuk pembayaran PNBP pidusia,” kata dia.
Namun mulai saat ini kata dia, semua notaris sangat terbantu ketika BNI menghadirkan layanan online. Tentu semua notaris akan semakin dimudahkan sebab tidak perlu lagi membayar datang kekantor bank.
“Di Palembang terdapat 137 notaris yang terdaftar, dari jumlah tersebut sebanyak 83 notari pembuat akta tanah, sementara sisanya merupakan notaries yang mengurus barang bergerak. Sementara untuk di Sumsel terdapat 287 notaris, 143 diantaranya pembuat akta tanah,” jelas dia.
Menurutnya, jika melihat kondisi sekarang jumlah notaris tersebut masih kurang, sebab pertumbuhan ekonomi dan transaksi jual beli masih sangat tinggi, hal ini tentu membutuhkan jasa notaris untuk pembuat akta pidusia setiap adanya transaksi jual beli. (iam)

LEAVE A REPLY