BLH Kota Palembang Sosialisasi Pengolahan dan Pemanfaatan Sampah

0
460

 

RADAR PALEMBANG – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumsel di wakili oleh bidang penyuluhan Dr. Micha Tachibana mengadakan sosialisasi pengolahan dan pemanfaatan sampah di lingkungan madrasah, Rabu (3/2) di ruang serbaguna MTs.N 1 Model Palembang.

”Mengapa orang Jepang datang ke Indonesia,” pertanyaan ini di lontarkan agar siswa mengetahui bahawa Micha Tachibana merupakan utusan resmi negara Jepang untuk menanggulangi masalah lingkungan di Indonesia.

Beberapa siswa menjawab,” Kedatangan untuk mengajarkan cara mengolah sampah, ada pula yang menjawab untuk mengajari orang Indonesia memanfaatkan sampak”, dengan tersenyum Micha menjawab semua jawaban benar namun alasan yang tepat karena orang Jepang cinta Indonesia.

Dalam presentasi Micha memulai dengann memutar video jepang 60 tahun lalu, dimana suasanannya sama seperti keadaan Indonesia saat ini, sampah menumpuk, membuang sampah sembarangan, adan petugas sampah dan ada pemulung.

Kondisi berbeda dengan saat ini diJepang saat ini di jalan jalan tidak terlihat sampah, tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Karena sampah masarakat Jepang sekarang sudah di olah dengan baik dengan adanya daur ulang sampah”, ujar Tachibana.

Micha mencontohkan 1) masyarakat Jepang dibiasakan membawa botol minum sendiri, sehingga tidak membeli lagi, 2) Masyarakat Jepang dibiasakan membawa sapu tangan sehingga tidak ada sampah tisu,3) Masyarakat Jepang di biasakan membawa keranjang sehingga bila belanja tidak memerlukan plastik dan terakhir,4) teknologi modern yaitu mesin pengolah sampah tanpa menimbulkan polusi udara.

Dari paparan Micha diatas semua siswa tampak terkagum dengan budya masyarakat Jepang yang mampu merubah kebiasan membuang sampah sembaranag menjadi masyarakat yang sadar akan bahaya sampah bagi lingkungan.dan dapat menciptakan kota yang bersih dan nyaman.

Adinda siswa kelas VII.A yang mengikuti sosialisasi pemanfaatan sampah mengatakan,” Mulai sekarang akan mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah” Ke depan di harapkan kota Palembang dapat menjadi kota bersih seperti Negara Jepang”, Ujar Dinda,(mch).

 

LEAVE A REPLY