Bisnis Asuransi akan Tumbuh 20 Persen

0
530

 

RADAR PALEMBANG – Tahun ini, sejumlah pelaku bisnis masih ragu menetapkan target pertumbuhan di atas 10 persen. Namun, optimisme berbeda justru muncul dari bisnis asuransi. Pada tahun ini, bisnis diyakini mampu tumbuh hingga 20 persen.\

Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Palembang, Suwedi mengatakan, meski tahun ini ancaman pertumbuhan ekonomi Sumsel masih dibayangi dengan masih belum membaiknya harga komoditas serta kondisi ekonomi global, seperti kenaikan suku bunga The Fed dan devaluasi ekonomi Tiongkok, tapi untuk bisnis asuransi masih punya banyak peluang lain yang bisa digarap dan di maksimalkan. “Setidaknya untuk sector asuransi, prediksi masih bisa tumbuh hingga 20 persen,” kata dia, akhir pekan kemarin.

Dikatakanya, keyakinan bisa masih tumbuh cukup baiknya bukan tanpa alasan. Pasalnya dengan giatnya pemerintah Sumsel dalam melakukan pembangunan infrastruktur untuk Asian Games 2018 membuat peluang besar tercipta untuk bisnis asuransi dari sektor kontruksi.

“Dalam setiap proses pembangun infrastruktur, seperti Light Reil Transit (LRT), jalan tol dan lainnya ini semua menggunakan Asuransi, dan dalam setiap proyek dan prosesnya setidaknya membutuhan minimal 5 asuransi di dalamnya,” jelas dia.

Diumpamakan dalam pembanguann LRT, sebelum pembangunan pihak kontraktor harus memiliki surat jaminan dari bank dalam pengerjaan proyek dan ini juga harus di-cover asuransi.

“Proyek pembanguannnya sendiri juga harus di cover asuransi, hingga jika terjadi kecelakaan pada pihak ketiga (orang lewat kecelakaan akibat pembangunan proyek ataupun kerugian karena proyek pembangunan merugikan aset masyarakat, seperti crane jatuh menimpa mobil, property atau yang lainnya) ini juga sudah harus ada asuransinya selama pengerjaan proyek berlangsung,” sambungnya.

Selain itu, seltor lain yang juga menyertai ini, seperti pengadaan alat transportasi, pembelian kendaraan baru juga masih di nilai akan cukup tinggi di tahun ini. Asuransi dari sektor riil hingga asuransi dari sektor lain yang belum termaksimalkan, juga bisa masih memiliki potensi besar untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis asuransi umum. (tma)

 

LEAVE A REPLY