Berikut 15 Titik Parkir Sepeda di Palembang

0
135
Salah satu titik parkir sepeda yang ada di kota palembang

RADAR PALEMBANG – Banyaknya minat olahraga sepeda di Kota Palembang saat ini,  membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memberikan fasilitasi bagi goweser. Sebelumnya sudah dibuat marka jalur sepeda melalui Corporate Social Responsibility (CSR) ataupun bantuan dari pemerintah pusat.

Saat ini, Pemkot melalui Dinas Perhubungan Kota Palembang sudah membuat tempat khusus parkir sepeda. Sekilas area parkir sepeda ini mirip dengan halte transmusi versi mini, memiliki struktur bangunan besi yang dicat berwarna biru khas perhubungan dan tulisan penanda “Tempat Parkir Sepeda/Bicycle Parking Area” berwarna kuning, dilengkapi atap dan yang pasti stand parkir sepeda.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Rizal mengatakan, parkir sepeda ini merupakan pembangunan yang dilakukan menggunakan anggaran dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Tahun 2020. “Anggaran ini meliputi Jalur Sepeda  yaitu pembuatan Marka : Kambang Iwak (KI) – Benteng Kuto Besak (BKB)  dan BKB -Jaka Baring, pemasangan rambu 34 Titik, dan termasuk Parkir Sepeda di 15 titik. Diantaranya di Kambang Iwak, depan Masjid Taqwa,” terangnya.

Adanya fasilitas ini diharap dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pesepeda, apalagi memang olahraga ini banyak digemari selama pandemi covid 19. “Gunanya untuk pesepeda agar lebih aman dan nyaman, dan termasuk fasilitas pemberhentian/parking yang juga sudah terpasang,” ujarnya.

Joko, Warga Kencana Damai Kenten yang merupakan pencinta olahraga sepeda menyambut baik adanya parkir sepeda ini.”Ini adalah langkah yang baik dari pemerintah dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi pesepeda. Tentu adanya fasilitas ini termasuk parkir sepeda dapat membuat kita pesepeda merasa punya tempat juga untuk gowes di jalan dan berhenti sesuai tempat,” ungkapnya.

Hanya saja, dirinya berharap fasilitas ini benar – benar dapat dijaga bersama, bukan hanya dari pesepeda tapi juga masyarakat walaupun tidak menggunakan fasilitas ini.”Kalau bisa pemanfaatannya benar – benar untuk pesepeda, karena yang kerap kali kita temui, seperti jalur sepeda itu masih banyak digunakan pengendara non sepeda bahkan diwaktu – waktu jam sepeda yang sudah ditetapkan. Kita berharap di parkir sepeda ini juga tidak terjadi penyalagunaan. Kita juga harapkan ada pengamanan karena parkir ini ada di pinggir jalan,” pungkasnya. (spt)

 

LEAVE A REPLY