Berharap Pencerahan dan Kebahagiaan Semua Makhluk

0
256
Rohaniawan Budha Vihara Dharmakirti, Pandita Drs Darwis Hidayat saat melakukan ritual bersama umat lain

RADAR PALEMBANG – Perayaan Upacara Sang Kung seagai rangkaian dari peringatan HUT Dewi Kwan Im Po sat atau mencapai kesempurnaan di Vihara Dharmakirti berlangsung dalam suasana khidmat. Meski dalam suasana masa pandemi,umat Budha dengan dibipimpin langsung YM Bhiksu Bhadramurti dan Bhiksuni Girikshanti tetap berjalan lancar. Bahkan umat dan bhiksu tetap melaksanakan protool kesehatan.

“Perayaan Dewi Kwan Im Po sat ini digelar selama tiga hari erturut yang dimulai sejak kamis (6/8) silam. Dan untuk kali ini, kita lakukan perayaan sang kung atau memberikan persembahan epada Tuhan melalui doa dan pembacaan sutera,” ujar Rohaniawan Budha Vihara Dharmakirti, Pandita Drs Darwis Hidayat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Dimana pada hari Kamis (6/8) lalu, umat menggelar upacara penyalaan pelita, 10 Dharani, Hung Ming Pau Chan atau Chan Hui atau pertobatan. Setelah itu, keesokan harinya atau jumat (7/8) dilakukan upacara Nien Fo Ta Pe Cou. Adapun untuk sabtu (8/8) dilakukan Sang Kung atau persembahan yang dimulai sekitar pukul 10.30 Wib dilanjutkan dengan Pu Men Phin, Ta Pe Cou dan ditutup dengan ritual pelimpahan jasa bagi Tuhan dan makhluk lainnya.

“Karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid 19, upacara akan dilaksanakan oleh Sangha,pengurus yayasan, viara maupun Majelis Budhayana serta umat. Hanya saja, untuk jumlahnya dibatasi. Selain itu, di ruangan persembahyanga sendiri, tetap dilakukan protokol kesehatan. Baik memakai masker, social distancing, phsycal distancing, menyiapan hand sanitiser dan juga dilakukan secara online untuk umat lainya,” tegasnya.

Selain mengharapkan keberkahan dari sang pencipta maupun Dewi Kwan Im, momentum ini juga menjadi arana umat untuk berdoa dengan harapan Covid 19 ini segera berakhir dan warga kembali beraktifitas seperti biasa. “ Semoga kebajikan uang kita lakukan ini bisa bermanfaat dan menjadi sebab pencerahan bagi kebahagiaan semua makhluk,” terangnya.
Pengurus Sangha Agung Indonesia (Sagin) Sumsel, Bhiksu Bhadramurti mengungkapkan, meski dalam suasana pandemi, umat tetap terlihat khusyu da khidmat. Bahkan semua rangkaian acara yang dimulai sejak beberapa hari terakhir berjalan sukses dan tanpa hambatan yang berarti.

“ Semoga apa yang dilakukan dan didoakan ini bisa terkabul, sehingga wabah Covid 19 bisa hilang dan menjadi penerang atau pencerahan serta kebahagiaan semua makhluk. Walau dalam suasana seperti ini, ibadah tetap jalan, tentunya dengan berbagai aturan yang harus kita ikuti untuk kesehatan bersama,” tandasnya. (sep)

LEAVE A REPLY