Beladiri Mencak Tunjukkan Eksistensinya  

0
111
Seni beladiri mencak yang ditampilkan salahsatu paguyuban mencak pada pagelaran seni kearifan local di Gedung Juang

RADAR PALEMBANG –  Sebagai bentuk upaya melestarikan budaya, Paguyuban Mencak Pagaralam dibawah binaan Bapak Markus terus menunjukan eksistensinya. Selain melakukan latihan rutin, belum lama ini juga turut meramaikan Pagelaran Seni Mencak yang dihelat Gedung Juang bersama perguruan pencak silat Mencak Besemah Pagaralam yang diketuai oleh Bapak Rudi Hariadi.

Ketua Paguyuban Mencak Pagaralam, Markus mengharapkan lewat kegiatan ini muncul antusias pemuda pemudi untuk kembali mengenal dan belajar Mencak Besemah sebagai bekal perlindungan diri.

“Mencak adalah salah satu seni gerak yang berhubungan dengan beladiri, olahan jiwa dan raga yang dikemas dalam suatu gerakan indah dan bisa difungsikan untuk membela dan mempertahankan diri dari serangan orang lain,” ujarnya,

Pada kesempatan penampilan di pagelaran seni kearifan local tersebut, sebagai salahsatu bukti eksistensi paguyuban serta para perguruan mencak yang ada di Kota Paralam. Dalam pagelaran ini ditampilkan berbagai jurus dan atraksi dari masing-masing peguruan. Ada penampilan tunggal, berpasangan dan penampilan dengan menggunakan senjata pisau kembar serta trisula.

Disisi lain, penguatan kearifan lokal lewat pementasan Mencak ini ikut menjalankan amanat Undang Undang No.5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.  “Dimana salah satu Objek pemajuan kebudayaan adalah olahraga tradisional dan mencak termasuk kedalam hal ini,” katanya.

Mencak sendiri pada dahulunya dilakukan ditempat tempat yang tertutup dan jauh dari keramaian, seperti dihutan dan di gunung. Hal ini dilakukan karena berhubungan juga dengan kondisi di nusantara dulunya diduduki oleh penjajah. Kesenian Mencak dibeberapa daerah sangatlah berkembang namun ada juga yang malah tidak ada peminatnya alias vakum.

Dirumah era Selatan khususnya di Pagaralam,  aktifitas Mencak dari beberapa paguyuban terus mengalami perkembangan dan semakin banyak peminatnya.  Saat ini yang masih menunjukkan ekssitensinya seperti Paguyuban Mencak Besemah dan Paguyuban Mencak Pagaralam, disamping itu ada juga perguruan Pencak  Silat Mencak Besemah Pagaralam.

“Diharapkan melalui pagelaran ini bisa memotivasi para pemangku adat dan jurai tue disetiap Sumbay untuk mewariskan seni beladiri kepada generasi muda. Terus menghidupkan latihan rutin disetiap minggunya. Dengan adanya keaktifan paguyuban bisa diagendakan ivent skala besar dalam bentuk Festival Mencak Besemah,” harapnya. (Edi)

 

LEAVE A REPLY