Bebaskan Lahan Untuk Kolam Retensi

0
71
ILUSTRASI: Kolam rentensi di Palembang. Ilir. Pemerintah akan segera membebaskan lahan kolam retensi di Simpang Bandara dan Macan Lindungan.

RADAR PALEMBANG – Penambahan Kolam Retensi dinilai sangat penting, selain sebagai ruang terbuka, dan sarana olahraga seperti joging, kolam retensi juga merupakan salah satu upaya untuk mengatasi banjir. Untuk itu rencananya Pemerintah Kota Palembang tahun 2021 ini akan melakukan pembebasan lahan di 3 titik lokasi untuk dijadikan kolam retensi.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak mengatakan, ditahun ini belum ada penambahan kolam retensi namun pihaknya berencana akan melakukan pembebasan lahan yang nantinya akan dijadikan kolam retensi. “Ada 3 titik yang rencananya akan kami lakukan pembebasan lahan yaitu di Kebun Sayur, Simpang Bandara dan Macan Kumbang Soekarno Hatta,” ujarnya Selasa (12/1/2021).

Dia mengatakan, pembebasan lahan yang berada di Simpang Bandara seluas 4-5 hektar, sedangkan di macan kumbang sehektar dan di kebun sayur Sukawinatan seluas sehektar. “Untuk anggaran saat ini sedang kita anggarkan, jika pembebasan lahan ini selesai barulah bisa di lakukan pembangunan kolam retensi ya,” jelasnya.

Dipilihnya ketiga tempat tersebut karena penambahan kolam retensi berdasarkan study kelayakan dan perencanaan yang ada. “Saat ini palembang hanya memiliki sebanyak 34 kolam retensi, jumlah ini sangat kurang untuk bisa mengatasi banjir di Palembang, untuk mencukupi kekurangan tersebut palembang butuh 34 lagi koran retensi,”pungkasnya. (spt)

 

LEAVE A REPLY