Bawaslu : Tidak Ada PSU Pilgub

0
350

 

 

RADAR PALEMBANG – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel, Iwan Ardiansyah menegaskan tidak ada pemilihan suara ulang (PSU) untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel yang telah berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu.

“PSU tidak ada lah. Tidak ada PSU. Ada banyak masalah dan laporan yang masuk.  Hasilnya kita rekomendasikan per laporan, ada yang kita rekomendasikan ke KPU RI, memperbaiki salinan DPT , kan itu sifatnya administrasi,” kata Iwan  Selasa (10/7).

Diketahui, Bawaslu Sumsel menyatakan dari laporan pengaduan yang telah diproses  dan telah diplenokan, belum ada laporan pengaduan yang harus keluar rekomendasi PSU seperti yang diinginkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor urut 4 Dodi-Giri.

Rapat pleno Bawaslu Sumsel yang berlangsung Senin malam (9/7) hanya mengeluarkan rekomendasi perbaikan administrasi kepada KPU Kabupaten/Kota yang terdapat berbagai persoalan diantaranya persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Masih menurut Iwan, PSU dapat dilakukan karena hal-hal tertentu, misalnya ada peristiwa bencana alam, kerusuhan, pencoblosan berulang-ulang .  Jika ada kriteria tersebut maka bisa dilakukan PSU.

“Kalau dari beberapa laporan, tidak ada PSU, tapi inikan masih ada laporan, sebagian sudah diplenokan sebagian belum,” ungkap Iwan seraya menambahkan, Bawaslu terus menangani laporan-laporan yang diterima pihaknya hingga persoalaan dan laporan terkait pilgub Sumsel.

Sebelumnya, ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, menyerahkan sepenuhnya kepada Bawaslu apakah ada rekomendasi PSU atau lainnya diserahkan sepenuhnya kepada pihak terkait. Karena KPU hanya menerima rekomendasi dari badan pengawas.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyatakan,  dari laporan pengaduan yang telah diproses dan dirapatplenokan belum ada laporan pengaduan yang harus keluar rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) seperti yang diinginkan Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Nomor Urut 4 Dodi-Giri. (zar)

 

LEAVE A REPLY